Lihat ke Halaman Asli

Ki Suki

TERVERIFIKASI

Seorang yang suka menulis dan menggambar.

[Fabel] Kucing Peronda

Diperbarui: 7 November 2015   10:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ki Suki, no 64

Setiap malam ada seekor kucing yang selalu mondar-mandir keliling kampung. Namanya Punar. Dia seekor kucing kampung yang berbadan besar dan bulunya sangat lebat dibandingkan kucing kampung lainnya. Tidak ada yang tahu-asal-usulnya.

Selain berbadan besar, Punar juga punya keberanian yang luar biasa. Dia pernah menggertak seekor anjing yang mengganggu kucing-kucing kecil yang sedang bermain. Bahkan kabarnya Punar juga pernah berkelahi dengan musang yang suka mengganggu kampung.

Keberadaan Punar, membuat kucing-kucing menjadi lebih aman. Punar yang selalu keliling kampung membuat tidak ada yang berani mengganggu kucing-kucing yang sedang istirahat atau mencari sisa makanan. Tetua para kucing membiarkan Punar melakukan apa yang disukainya itu, bahkan sekali-sekali membagi makanan dengan Punar.

Namun tidak demikian dengan para kucing dan hewan pengganggu yang lain seperti tikus, tupai, dan musang. Mereka menjadi tidak nyaman. Biasanya mereka leluasa merebut makanan dan mengganggu kucing-kucing yang sedang bermain. Kini mereka takut, apalagi Punar seolah-olah ada di mana-mana.

Suatu malam, para kucing tidak melihat Punar yang biasanya mondar-mandir. Hampir tengah malam, Punar juga tidak kelihatan. Para kucing bertanya-tanya dimanakah Punar. Sayang, tidak ada satupun yang tahu dimana Punar berada. Saram, si kucing yang suka mengganggu merasa sangat senang melihat ketidakhadiran Punar. Saram mulai mengganggu para kucing dengan merebut makanannya. 

"Ini bulan purnama. Punar tidak akan datang. Dia menjadi hantu saat bulan purnama." Begitu kata Saram kepada para kucing di kampung. 

Mau tidak mau, kalimat Saram termakan juga oleh para kucing. Mereka saling berbisik dan ketakutan. Mereka yang biasanya merasa tenang saat ada Punar, kini malah merasa takut pada Punar. Hebohlah kampung para kucing. Para tetua kucing juga tidak bisa berbuat apa-apa. Mereka juga antara percaya dan tidak.

Hampir pagi, Punar kelihatan kembali. Wajahnya agak pucat. Namun dia tetap saja mondar-mandir keliling kampung. Seperti biasa, setiap dia ketemu kucing lainnya Punar tersenyum. Namun kali ini, para kucing justru ketakutan melihatnya.

Beberapa hari berlalu. Punar tetap keliling kampung. Punar tetap saja tersenyum saat bertemu dengan para kucing. Namun suasana kampung sudah berubah. Para kucing merasa gelisah dan takut dengan kehadiran Punar. Mereka takut kampung ini akan kena bencana. 

Beberapa kucing yang tergolong pemberani mengusulkan pada para tetua kucing untuk mengusir Punar. Mereka siap berhadap-hadapan dengan Punar bila diperlukan. Para tetua kucing tidak mudah mengambil keputusan. Akhirnya para tetua kucing memanggil Punar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline