Lihat ke Halaman Asli

Ki Suki

TERVERIFIKASI

Seorang yang suka menulis dan menggambar.

Sumpil Yu Jinah dari Watulimo Trenggalek

Diperbarui: 16 September 2015   17:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kalau ada yang ingin makan enak, kenyang dan murah, bisa menuju ke daerah Watulimo Trenggalek. Di depan Kantor Desa Watulimo, terdapat sebuah warung yang menjual sumpil, sejenis lontong sayur. Warung ini sering dikenal dengan nama penjualnya; Yu Jinah.

Sumpil adalah makanan sederhana yang terdiri dari lontong, sayur lodeh lengkap dengan lodeh dan kacang panjang, dan lauknya berupa tempe goreng. Sumpil sudah menjadi makanan favorit di daerah Watulimo, khususnya untuk sarapan. Uniknya adalah sumpil ini dimakan saat hangat, biasanya ditemani dengan teh atau kopi hangat. 

Sumpil Yu Jinah ini tergolong sederhana. Sumpil dengan lauk dasar yaitu tempe goreng dipatok dengan harga Rp. 2000. Itupun porsinya sudah membuat kenyang. Kalau mau tambahan lauk seperti dadar jagung, tahu goreng dan weci bisa nambah Rp 500 per bijinya. Jangan khawatir ukuran tempe, dadar jagung, tahu dan wecinya cukup besar. Ini sebabnya warung ini dipenuhi oleh anak-anak sekolah, selain karena letaknya yang dekat dengan SDN Watulimo, juga harganya terjangkau oleh anak SD.

Hal lain yang unik dari Sumpil Yu Jinah ini adalah rasanya. Bila masyarakat Watulimo suka dengan rasa pedas, justru Sumpil Yu Jinah ini tidak pedas. Rasanya juga pas, tidak terlalu hambar juga tidak terlalu kuat. Ini sebabnya Sumpil ini terasa enak buat semua golongan masyarakat, baik anak-anak, orang dewasa atau orang tua. 

Warung Sumpil Yu Jinah hanya buka di pagi hari, mulai jam 5.30 sampai mungkin jam 9 atau 10 pagi. Di sana juga disediakan dingklik (bangku kayu) untuk mereka yang ingin menikmati sumpil atau sekedar ngopi. Bagi yang sedang main-main ke Guwo Lowo atau Pantai Prigi dan ingin menikmati kuliner sederhana, enak dan murah meriah, mungkin ini bisa menjadi alternatif.

------
Ditulis oleh Ki Suki
Foto-foto adalah koleksi pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline