Lihat ke Halaman Asli

Anggy Kartika

Mahasiswa

Paham Mengenai Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR)

Diperbarui: 4 April 2022   15:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR)

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) adalah kegiatan bisnis di mana perusahaan mengambil tanggung jawab  sosial kepada  masyarakat luas, meningkatkan kebahagiaan, dan memberikan dampak positif terhadap lingkungan.

CSR adalah kebijakan  perusahaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat dan lingkungan serta menjadi aspek yang berkelanjutan dari perusahaan.

Adapun tujuan dari CSR adalah sebagai berikut:
1. Menjaga nama baik dan citra perusahaan
2. Menjaga hubungan baik  dengan pemangku kepentingan
3. Buat Cara untuk Memecahkan Masalah Lingkungan Lingkungan dengan
 

Manfaat CSR:

 1. Keunggulan Lingkungan Hidup
 Manfaat  CSR mempertahankan lingkungan. Pelele tidak selalu dapat memikirkan manfaat konstan dalam periode tertentu, tetapi dana CSR perusahaan harus digunakan untuk aktif dalam kualitas lingkungan.
 2. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Manfaat komunitas masyarakat adalah untuk bergabung dengan Perusahaan. Contoh dari keberadaan CSR adalah pembangunan pabrik yang berpusat pada masyarakat dengan memperhatikan keselamatan dan keamanan warga sekitar.
 3. Manfaat bagi Bisnis Manfaat CSR untuk bisnis adalah membantu bisnis meningkatkan citra mereka di masyarakat.
 4. Manfaat  Pemerintah Manfaat CSR Pemerintah adalah mendukung program pemerintah untuk kemakmuran bangsa dan  negara. CSR adalah sikap sosial yang dipraktikkan oleh bisnis untuk komunitas mereka.
  

Jenis  CSR yang digunakan adalah:

1. Restorasi alam 2. Pengetahuan lingkungan Pembuangan limbah
 3. Filantropi
4. Penggunaan sumber  energi  baru
5. Adanya budaya filantropi
6. Kesukarelaan
 7. Pemberdayaan Ekonomi Karyawan
 

Prinsip-prinsip Corporate Social Responsibility (CSR) menurut Pearce II dan Robinson adalah sebagai berikut:

1. Temukan dan selidiki misi jangka panjang dan jangka panjang perusahaan

2. Kami berkontribusi pada masyarakat yang luar biasa ketika mempertimbangkan masalah berpartisipasi dalam pedoman jangka panjang dan cara pedoman jangka panjang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline