Lihat ke Halaman Asli

Kegagalan Bukanlah Sebuah akhir

Diperbarui: 7 November 2020   20:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam hidup jatuh bangun itu biasa, pengalaman adalah sebuah moment terpenting dalam hidup karena pengalaman meupakan guru terbaik dalam kehidupan . Karena hanya dengan pengalaman kita bisa tau rasanya dan bagaimana membangun sebuah sesuatu menjadi lebih baik untuk kedepannya lagi hingga bisa mencapai titik kesuksesan.

Misal ada sebuah kisal pembisisnis yang bernama pak Roy. Pak Roy memiliki modal dan ia ingin membangun sebuah usaha ternak ikan lele. Pada awalnya Pak Roy membangun kolam lele di pekarangannya dengan modal yang tidak sedikit, lalu beliau membei alat dan bahan pakan untuk lelenya dan beliau membeli bibit lele 10000 ekor. 

lele yang dibeli diberi makan dan dikuras air kolammnya setiap minggu, pak roy tidak banya sendiri namun belaiu juga memperkerjakan keryawan untuk mengurus kolammnya karna jika ia sendiri yang mengerjakannaya ia tidak sanggup .
Pada mulanya sekitar satu bulan tidak ada permasalahan yang timbul mungkin dari segi pakan karna lele mulai beranjak dewasa. 

Lalu pada pengurasan lele yang ke 2 bulan jumlah ikan lele berkurang banyak ikan lele yang mati dan ikan lele yang dimakan ikan lel yang lainnya sehingga jumlah lelenya berkurang besar tidak hanya itu lele yang ukurannya kebih besar akan memkan lele yang ukurannya lebih kecil karena lele merupakan hewan omnifora. 

sehingga pak roy harus rajin rajin menyortir ikan lele berdasarkan ukuran dan menguras kolam ikan lele . dan semua itu membutuhkan biaya tambahan dan mengeluarkan biaya yang lumayan . dan setelah 4 bulanan pak Roy panen ikan lele namun hanya sedikit keuntungan yang dihasilkan yaitu karena biaya dan ikaan lele yang mati di awal awal pemeliharaan. Namun pada penen berikutnya 6 bulan pak Roy mendapakankan hasil yang memuaskan yang di ambil dari pengalamannya setelah menternak ikan lele yang dilakukannya .

Sekarang Pak Roy juga sudah bisa mengembangbiakkan lele jadi belau tidak membeli bibit lagi justru beliau yang menjual bibit pada pengusaha ikan lele pemula atau untuk dijual kembali dan hasilnya menjadi lebih banyak bahkan berkali lipat.
 
NOTES : Suatu kegagalan bukanlah akhir untuk menyerah namun sebuah awal dari kebangkitan untuk bangun untuk mencapai sebuah kesuksesan .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline