Lihat ke Halaman Asli

70% Manusia Mengalami hal Seperti ini; Sleep Paralysis dan Deja Vu

Diperbarui: 24 Juni 2015   05:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Mungkin saya adalah salah satu dari sebagian orang yang merasakan kejadian yang sangat aneh (menurut saya) yang disebut sebagai dejavu. Sampai saat ini, terutama 3tahun terakhir ini, ada sesuatu yang tidak beres yang terjadi pada saya. Ya, hamper semua kejadian semua moment yang terjadi pada saya, disitulah muncul perasaan dejavu tersebut.

Oke, sebelum saya bercerita tentang apa yang terjadi dalam hidup saya, saya akan beritahu apasih dejavu itu. Ya terutama untuk yang belum mengetahui apa definisi dari dejavu. Jadi, dejavu adalah sebuah perasaan dimana kita pernah galamimen suatu kejadian dan kejadian tersebut terulang kembali, dan kita menyadari bahwa hal tersebut pernah terjadi

Yang saya rasakan setelah 3 tahun terakhir ini adalah dejavu yang terus menerus terjadi, hampir setiap langkah yang saya ambil, perasaan dejavu tersebut selalu muncul. Saya pernah melakukan sebuah survey tentang dejavu ini kepada teman-teman saya. Sebagian ada yang pernah merasakan dan bahkan sebagian ada yang tidak tahu, dejavu itu apa.

Sampai saat ini saya belum menemukan orang yang merasakan dejavu secara sering (terus-menerus). Awalnya saya biasa saja, bahkan tidak pernah menganggap jika dejavu itu muncul lagi. Namun karena intensitas kejadiannya tinggi, saya sendiri mulai watir dengan diri saya. Apalagi setelah saya disadarkan oleh guru Agama saya, bahwa saya pernah mengalami mati suri juga.

Yaaa! Kira-kira pertengahan smester kelas 2 SMA, ketika saya bangun tidur sekitar jam 6 pagi, saya hanya menge-check hp saya memastikan bahwa hari ini adalah hari minggu dan saya berniat untuk tidur kembali. Namun, setelah itu saya terdiam menatap pintu kamar saya dan merasakan engap dan dingin yang begitu kuat mengalir disekujur tubuh saya. Lalu saya mencoba mengangkat tubuh saya dan hasilnya adalah saya bisa mengangkat diri saya untuk bangun, namun saya tetap melihat tubuh saya tidur terbaring. Sekitar 2 – 3 menit saya menatap dan menyaksikan tubuh saya terbaring. Kemudian saya mencoba untuk mengangkat sebuah guling, hasilnya adalah saya bisa menembus guling tersebut, bukan mengangkatnya.

Alhamdulillah, puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT saya bisa kembali kedalam tubuh saya dan kemudian saya terbangun dari kematian sesaat itu. Awalnya saya kira ini hanya sekedar mimpi, setahun kemudian tepatnya saat saya berada dikelas 3 SMA, guru saya menceritakan kronologi mati suri, dan beberapa ciri-cirinya mengarah pada kejadian yang tadi saya ceritakan. Saya pun menceritakan apa yang pernah saya alami, dan ketika guru saya menjawab bahwa itu bisa dikategorikan sebagai mati suri, saya pun langsung kaget dan takut.

Tak hanya sampai mati suri, saya mempunyai satu keanehan lagi yang terjadi dalam diri saya, yaitu Sleep Paralysis atau tindihan. Keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerk dan sulit berteriak disebut Sleep Paralysis atau tidur lumpuh.

Kejadian tersebut tidak terjadi hanya sekali dua kali pada saya, namun selama kurang lebih 2 tahun lamanya, saya selalu merasakan hal tersebut, dan hamper disetiap tidur saya terjadi seperti itu. Saya sendiri tidak tahu mengapa Sleep Paralysis itu terjadi terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama. Ketika tindihan (Sleep Paralysis) itu terjadi, yang saya rasakan adalah tubuh saya merasa lelah seperti sedang berlari dengan kencang, kemudian saya merasakan sesak di dada, tidak bisa berbicara bahkan tubuh ini serasa ada yang menguncinya, untuk membuka mata-pun sangat sulit. Upaya yang saya lakukan ketika ini terjadi adalah saya hanya membaca doa-doa agar saya bisa terlindungi dan mencoba mendorong dengan sekuat tenaga agar saya bisa bergerak. Parahnya, setelah kejadian itu terjadi, saya tidak mau untuk tidur kembali karena saya pernah membaca disalah satu artikel di internet, bahwa kejadian tersebut bisa sampai mengakib atkan kematian.

Beberapa asumsi yang beredar bahwa Sleep Paralysis atau tindihan adalah suatu kejadian mistik, kejadian dimana kita sedang diduduki oleh roh / makhluk halus sehingga tubuh kita merasa seperti dikunci. Sempat saya percaya dengan cerita-cerita tersebut, namun setelah saya menemukan kebenaran secara medis tentang hal ini, saya bisa sedikit lega karena bisa dibuktikan secara medis bukan secara mistisss… serem sih tapi gapapa nikmati aja kalau kejadian lagi hehe. Jangan lupa berdoa ketika hal tersebut berlangsung, karena hanya doa-lah yang mampu membawamu selamat dalam tdiurmu hahaha :D




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline