Lihat ke Halaman Asli

Anggimaysa

saat ini saya adalah mahasiswa semester 6 prodi psikologi islam di universitas negeri islam KH Achamd Siddiq jember

Keputusan Konsumen

Diperbarui: 20 Februari 2023   19:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kalian sadar gak sih !!!!

Sebagai penjual perilaku konsumen akan sangat berdampak pada kelangsungan usaha.

Ilmu tentang prilaku konsumen mempelajari tentang bagaimana individu, kelompok, dan organisasi memilih, membeli, memakai, dan memanfaakan jasa, barang, gagasan atau pengalaman guna memuaskan kebutuhan serta Hasrat dalam suatu barang maupun jasa. 

Sedangkan keputusan konsumen atau lebih dikenal dengan keputusan pembelian adalah kegiatan individu yang secara langsun terlibat dalam suatu pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk yang ditawarkan oleh penjual.

Menurut Kotler & Amstrong (2001) tahapan dalam proses pengambilan keputusan pembeli yang mana konsumen benar-benar membeli. Peter dan olson (2000) menerangkan keputusan pembelian ialah proses mengkombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternative untuk memilih satu diantaranya. Schiffman dan kanuk (2000) menurut meraka keputusan pembelian adalah pemilihan akan suatu tindakan dari dua alternative atau lebih. Setiadi (2003) menjelaskan pengambilan keputusan yang diambil konsumen dapat disebut sebagai pemecahan masalah.

Dalam prosesnya konsumen memiliki sasaran atau perilaku mana yang ingin dilaksanakan untuk  mencapai suatu tujuan atau sasaran dengan hal ini dapat membantu dalam memecahkan masalah. Perlu kita telaah lebih lanjut dalam tahap pertama adalah pemahaman akan adanya masalah, yang kedua adalah evaluasi alternative yang ada dan tindakan yang paling sesuai dengan permasalahan atau yang dipilih, tahap selanjutnya jika konsumen sudah memilih barang atau produk maka konsumen akan melakukan evaluasi ulang mengenai keputusan yang telah di ambil. 

Menurut assauri (2004) keputusan pembelian adalah suatu proses pengambilan keputusan pemebelian yang mencakup penentu apa yang akan di beli dan apa yang tidak di beli dimana keputusan itu akan diperoleh dari kegiatan sebelumnya. Maka dapat disimpulkan keputuan konsumen adalah suatu proses akhir dimana konsumen memutuskan untuk membeli atau tidak membeli suatu produk dengan mempertimbangkan beberapa aspek penetu sebelumnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline