Lihat ke Halaman Asli

Anggun

Pelajar/mahasiswa

Training Kaderisasi LDK Sunan Kalijaga

Diperbarui: 27 Desember 2023   13:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

TEKAD BADAL LDK SUNAN KALIJAGA

Anggun Satia

Mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 

Prodi Pendidikan Agama Islam

16 Desember 2023

Training Kader 1 (TEKAD 1) adalah sebuah langkah awal calon anggota baru LDK Sunan Kalijaga. TEKAD merupakan serangkaian pelatihan integratif guna mempersiapkan mental, keterampilan, keilmuan, dan semangat calon anggota baru LDK Sunan Kalijaga. Kegiatan TEKAD 1 telah dilaksankan pada tanggal 1-3 Desember 2023, karena ada beberapa peserta tidak bisa atau berhalangan hadir mengikuti acara TEKAD 1 pada 1-3 Desember 2023 maka dilaksanakanlah TEKAD BADAL 1 atau tekad pengganti pada tanggal 16 Desember di masjid Al-Jihad Penggok. TEKAD BADAL diadakan guna untuk memberi kesempatan kepada calon anggota LDK untuk memenuhi syarat kelulusan menjadi anggota LDK. TEKAD BADAL ini diketuai oleh Azwar B bersama anggota LDK lainnya, adapun tema yang mereka angkat dalam kegiatan ini adalah “Kiprah Zilenial dalam Dakwah Universal yang Merdeka”.  

 Tugas telah di berikan kepada peserta pada malam hari sebelum pelaksanann kegiatan Training Kaderisasi pengganti dimulai pada 16 Desember 2023 esok hari. Tugas yang diberikan kepada peserta TEKAD BADAL, yaitu menulis esai tentang karakter diri dan menghafalkan satu hadits. Kegiatan ini dimulai dari jam 07.00 pagi yang mana diawali dengan acara pembukaan, tilawah Al-Qur’an dan sambutan dari ketua pelaksana. Rangkaian acara dalam kegiatan TEKAD BADAL ada penyampaian tiga sesi materi dengan pemateri yang berbeda serta sesi tanya jawab, FGD forum diskusi dengan kakak pemandu, pengumuman dan penutup. 

Materi pertama pada kegiatan ini berjudul Syahadatain, Syumuliatul Islam, dan Ma’rifatul Insan yang disampaikan oleh Ust. Hermawan. Isi dari materi ini bertujuan untuk meluruskan niat calon anggota LDK agar niat mereka masuk organisasi ini lillahita’ala tiada lain tiada bukan hanya karena Allah dan untuk mendapatkan rahmat Allah. Materi pertama ini selesai disampaikan pada pukul 11.00, peserta diberi waktu jeda untuk ishoma (istirahat sholat makan) sebelum melanjutkan materi yang kedua pada pukul 13.00, setelah selesai ishoma peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan selanjutnya yaitu penyampaian materi kedua oleh kak Rizki yulianto yang merupakan alumni dari Lembaga Dakwah Kampus sendiri, kak Rizki menyampaikan materi yang berjudul Problematika Ummat dan ma’rifatul Dakwah. Pada pukul 15.00 peserta diberi waktu jeda lagi untuk melaksanakan sholat ashar dan terakhir materi akan disampaikan oleh kak Misbah Fikri alumni dari Lembaga Dakwah Kampus juga, materi yang disampaikan kak Misbah ini adalah mengenai tentang ke-LDK-an. Tiga materi pada TEKAD BADAL ini bertujuan untuk mempersiapkan calon anggota LDK agar niat dakwah lurus karena Allah serta kuat dalam menghadapi dunia perjuangan dakwah Islam dan mengenalkan kepada mereka apa itu LDK sebelum mereka bergabung dan terjun dalam kegiatan LDK dengan anggota LDK yang lainnya. Kemudian kegiatan FGD yaitu forum diskusi peserta TEKAD BADAL dengan kakak pemandu, mendiskusikan tentang materi pertama, kedua dan ketiga yang sudah meraka dapatkan tadi. Setelah berdiskusi acara selanjutnya adalah pengumuman siapa yang lolos masuk dan bergabung menjadi anggota LDK Sunan Kalijaga. terakhir penutup serta foto-foto bersama panitia TEKAD BADAL. 

Ungkapan dari salah satu penitia TEKAD BADAL yang bernama mbak Muslimah untuk kegiatan TEKAD BADAL pada kali ini “Alhamdulillah kegiatan TEKAD BADAL berjalan dengan lancar, kerja keras panitia dan antusias para peserta dalam mengikuti kegiatan sangat berpengaruh dalam berjalan lancarnya TEKAD BADAL ini”. 

Mbak Muslimah juga menyampaikan pesan untuk anggota-anggota baru LDK yang telah dinyatakan lulus dengan mengikuti semua rangkaian acara TEKAD “untuk para anggota baru LDK Sunan Kalijaga semoga bisa selalu berantusias dalam mengikuti kegiatan-kegiatan Lembaga Dakwah Kampus kedepannya, karna insyaAllah kegiatan yang diadakan akan bermanfaat sekali untuk kita kader LDK sendiri, lalu partisipasinya di tunggu di LDK serta semangat selalu. 

Jadikan LDK sebagai keluarga untuk bercerita, bertukar pikiran, pendapat dan berdiskusi dalam hal apapun”. Para anggota baru disambut dengan hangat oleh anggota lama LDK sehingga anggota baru LDK merasa sangat dihargai dan dinantikan kehadirannya untuk bergabung di organisasi ini. Berikut ungkapan perasaan dari salah satu anggota baru LDK yang mengikuti kegiatan TEKAD BADAL bernama Ansa Tia “kegiatan ini menurut saya sangat bermanfaat sekali, materi-materi yang diberikan membangkitkan semangat diri saya dalam menebar kebaikan dengan dakwah, pemateri nya juga sangat menyenangkan sehingga kami tidak mengantuk saat mendengarkan materi yang disampaikan. Terimakasih untuk panitia untuk semua kerja kerasnya serta telah membuat acara ini sukses dan menyenangkan”. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline