Lihat ke Halaman Asli

Fenomena Tren "Joanna", Sebuah Langkah Awal?

Diperbarui: 29 November 2024   21:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: www.tiktok.com/@satriodwiananda

Seiring berjalannya waktu, berbagai tren menciptakan gelombang baru yang tak terduga. Salah satu tren yang belakangan ini mencuri perhatian adalah tren "Joanna." Mungkin istilah tersebut sudah tidak asing di telinga, tetapi apakah yang membuat tren ini begitu spesial dan mengapa semakin banyak orang mulai mengikutinya?

Tren "Joanna" merupakan salah satu dari banyaknya jenis tren di aplikasi TikTok. Tren ini menunjukkan cuplikan video atau gambar yang berisi tentang kesuksesan di usia muda.

Para generasi muda dalam tren ini berlomba-lomba memperlihatkan kesusksesan mereka. Hal itu berpengaruh pada keinginan anak muda lain yang sedang menonton untuk melakukan hal yang sama.

"Kita usahakan trend joanna itu" Kalimat yang sering diucapkan pada tren ini.

Tren "Joanna" membuat generasi muda tergerak untuk bergerak lebih luas untuk mencapai tujuan. Salah satunya adalah melakukan perencanaan pengelolaan keuangan mereka. Tercatat dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang diselenggarakan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) masyarakat Indonesia yang berusia 18-25 memiliki indeks literasi keuangan sebesar 70,19%. Hal tersebut merupakan tonggak awal yang baik dikarenakan pada jangka usia tersebut masyarakat biasanya masih menempuh pendidikan tinggi dan belum memiliki pekerjaan yang cukup.

Tingginya literasi keuangan tersebut dimanfaatkan kembali oleh generasi muda. Mereka menjual produk digital yang berjudul "money tracker" yang secara otomatis dapat menghitung jumlah pengeluaran ataupun pemasukan. Permintaan pasar produk digital ini laris manis di pasaran karena sangat memudahkan pembeli untuk mencatat keuangan mereka. Penjualan produk digital inilah yang menjadi pemasukan tambahan mereka tanpa harus keluar rumah.

Tak hanya sebagai tren belaka, tren "Joanna" menunjukkan sebenarnya masih tinggi tingkat kesadaran dan keinginan generasi muda Indonesia untuk merubah hidup mereka. Generasi muda saat ini lebih kreatif dan inovatif. Indonesia Emas 2045 mungkin bisa jadi kenyataan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline