Lihat ke Halaman Asli

Belajar dari Om Edison

Diperbarui: 12 Desember 2015   20:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Tidak percaya diri adalah perasaan dimana seseorang merasa tidak pantas atau tidak mampu melakukan dan memutuskan sesuatu yang ingin dilakukannya. Rasa tidak PD/ tidak percaya diri ini salah satu penyebabnya adalah kurangnya rasa syukur atas apa yang sudah dimiliki. Padahal manusia adalah makluk paling sempurna yang telah diciptakan oleh Tuhan semesta alam. Manusia bisa menggerakkan diri sesuai kehendaknya, manusia memiliki raga untuk dapat merasakan dan mengetahui suatu realitas. tidak hanya dapat kebahagiaan dari luar dirinya saja. kebahagian yang manusia dapatkan juga berasal dari dalam diri. seperti manusia dapat mendengar, melihat, mengecap, bahkan manusia memiliki akal sebagai alat agar keinginannya dapat tercapai. Coba kita bayangkan, apa jadinya jika kita tidak punya mata? apa jadinya jika kita tidak bisa mendengar? apa jadinya jika kita tidak diberikan akal untuk berfikir? manusia yang tidak percaya diri adalah manusia yang tidak bersyukur atas apa yang telah dimilikinya.

sering juga saya dengar orang yang tidak percaya diri adalah orang yang sering mendapatkan kegagalan, padahal kegagalan adalah sesuatu yang membuat menderita sehingga pasti akan dihindari. maka orang-orang yang tidak percaya diri ini sangat mewajari perilakunya yang ragu-ragu dan merendahkan diri (baca: mengingkari nikmat yang telah Tuhan beri) ini. jika saja orang-orang yang memiliki fikiran seperti itu mendengar kisah Thomas alva edison yang percobaannya gagal hingga 999 kali. suichiro honda yang bengkelnya terbakar lalu ia bangun lagi, proses marry riana dalam mendapatkan satu juta dolar, atau bahkan Rasulullah saw yang sebelum islam diterima mendapatkan kegagalan dan kesakitan baik fisik maupun sikis yang bertubi-tubi. Saya jamin orang yang mewajari kegagalannya harus berfikir ulang apakah ia pantas merndahkan dan tidak percaya akan dirinya untuk melakukan atau mendapatkan suatu hal.

orang yang tidak percaya diri adalah orang yang tidak objektif, mudah menyerah dan pemalas. ketika menginginkan sesuatu hal, yang difikirkannya pertama kali adalah "kayaknya aku gak bisa nih" padahal belum dicoba. ketika mencoba sekali lalu gagal, ia berkata "tuh kan gak bisa", ketika disuruh mengulang lagi maka ia sudah menanamkan kuat-kuat kepercayaan bahwa ia tidak akan bisa melakukan atau mendapatkan hal tersebut!! --> hay orang-orang yang tidak percaya diri.. untuk apa Tuhan meninggikan statusmu dengan memberikanmu akal, jika satu dua kegagalan saja kamu sudah menyerah? Jangan-jangan bukan tidak bisanya.. tapi memang dirimulah yang tidak mau!! buktinya om edison yang sudah jelas-jelas di cap IDIOT oleh sekolahnya lalu di drop out dan percobaannya gagal berkali-kali, karyanya tetap mengalir dan dapat kita rasakan hingga detik ini.

masih tidak punya malu untuk mengatakan "aku memang orang bodoh", "aku tidak akan bisa melakukan itu", "kemampuanku hanya segini", "dia memang hebat makanya dia bisa"..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline