Lihat ke Halaman Asli

Anggraeni Wenny Safitri

Mencintai Indonesia

Ana/Tiwi Juara Australia Open 2024

Diperbarui: 19 Juni 2024   12:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by: Badmintonphoto/Luis Veniegra 


Indonesia membawa pulang satu gelar juara dari Australian Open 2024 berkat kemenangan yang diraih Ana/Tiwi pada babak final yang dihelat di Quaycentre, Sydney Olympic Park, Australia, Minggu (16/6/2024). Pada kompetisi berlevel BWF World Tour Super 500 ini Ana/Tiwi menjadi unggulan kedua.  Berhadapan dengan pasangan Malaysia yang baru "dipasangkan", Lai Pei Jing/Liem Chiew Sien, Ana/Tiwi sempat kesulitan di gim pertama.

Pada gim pertama Ana/Tiwi kesulitan mengatur tempo serangan, mengajak rally lawan namun sering mati sendiri. Sebaliknya, pasangan Malaysia lebih solid dalam bermain. Hasilnya pada interval gim pertama pasangan Lai/Liem unggul 11-5. Pertandingan berlanjut, Ana/Tiwi yang didampingi dua orang pelatih mengalami "kebuntuan" dalam mencari celah lawan. Saat point-point "tua" Ana dan Tiwi secara bergantian melakukan eror, Lai/Liem menutup gim pertama dengan skor 21-12.

Pada gim kedua, Ana/Tiwi lebih solid dalam menyerang sehingga mereka mampu unggul jauh 11-3 sampai interval. Permainan berlanjut, terjadi rally panjang dan Liem mengalami luka pada jarinya saat ingin menjangkau bola di depan net. Liem sempat menjalani perawatan di pinggir lapangan. Setelah perawatan Ana Tiwi mampu mempertahankan keunggulan. Sebaliknya Lai/Liem secara bergantian melakukan eror dan hanya mampu menambah 4 point. Hasilnya. Ana/Tiwi menutup gim kedua dengan skor 21-7.

Pada gim penentuan, Ana/Tiwi langsung unggul 3 point di awal gim. Tiga point awal ini diperoleh dari dua kali "serangan" Ana dan pengamatan yang kurang cermat dari Liem yang membiarkan bola masuk karena mengira out. Meskipun sama-sama sering melakukan eror di awal game ketiga namun Ana/Tiwi lebih solid dalam menyerang, 3 point dihasilkan dari serangan bertubi-tubi Ana/Tiwi ke arah badan "Liem". Hasilnya Ana /Tiwi unggul 11-5 pada interval gim ketiga.

Setelah interval, Lai/Liem yang tertinggal langsung berinisiatif menyerang, pasangan Malaysia ini mendapat 3 point beruntun dan memperkecil skor menjadi 8-11. Setelah skor 8-11 ini, pasangan Malaysia seperti kehilangan focus, tercatat Lai/Liem melakukan 7 kali Eror. Sebaliknya pada point-point "tua" Ana/Tiwi tetap focus menyerang dan bermain lebih solid. 

Pengembalian dari Liem yang melebar membuat Ana/Tiwi memperoleh skor 20 "game point"untuk Indonesia. Sayang, pengembalian shuttlecock  dari Tiwi  menyangkut, Lai/Liem memperkecil jarak 13-20. 

Lagi-lagi eror dari pasangan Malaysia, pengembalian shuttlecock yang memanjang dari Liem memastikan Ana/Tiwi menutup gim penentuan dengan skor 21-13.

Ana/Tiwi sukses menjuarai Australian Open 2024 setelah 4x runner-up di BWF World Tour tournament (Vietnam Open 2023, Taipei Open 2023, Spain Open 2024 dan Thailand Open 2024) kini mereka mampu berada di puncak podium! Semoga Ana/Tiwi terus evaluasi diri dan memperbaiki kekurangan. Ke depan mereka akan menghadapi pemain yang lebih unggul di top 10.  Semoga hasil ini menambah kepercayaan diri.  

Photo by: Badmintonphoto/Luis Veniegra 

Terakhir Ganda Putri Indonesia mampu menjuarai Australia Open melalui pasangan Vita Marissa/Aprilsasi Putri Lejarsar Variella pada 2013 , 11 tahun yang lalu. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline