Lihat ke Halaman Asli

Budaya Populer BT21 Terhadap Trend Fashion Generasi Milenial

Diperbarui: 5 Januari 2022   09:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Generasi milenial sangat dominan dengan perubahan zaman apalagi dalam konteks sebuah budaya. Budaya dapat, populer jika berhubungan dengan dunia global yang dapat disebut budaya populer. Budaya populer memiliki arti budaya yang dibentuk oleh masyarakat dengan berkembangan beberapa aspek yang terkait terutama anak generasi milenial. Generasi milenial ikut, membentuk budaya baru melalui sebuah informasi yang mereka serap melalui media.

Melalui sebuah media, pasti kita dapat terpengaruh juga oleh perkembangan globalisasi yang berdampak terhadap perubahan. Dalam globalisasi ini dapat mengancam eksistensi budaya suatu bangsa. Globalisasi dalam konteks budaya selalu dikaitkan dengan istilah Westernisasi.

Perkembangan teknologi dan penggunaan media sosial setiap individu merupakan salah satu cara yang mudah melihat sesuatu salah satu yang bisa diraskan perkembangan fashion ( Hadani 2000 ). Akses jejaring sosial yang mudah dilakukan untuk melihat perkembang fashion adalah instagram. Salah satu pelaku utama penggunaan instagram ini ada content creator

Melalui akun pribadi miliknya yang diupload dihalaman beranda. Akses instagram memiliki jangkauan dunia luas jadi bagi kita sangat mudah melihat penyebaran fashion ini. Selain itu juga seorang content creator juga bisa melakukan transaksi jual beli. Penjualan produk-produk ini juga sudah melokalisasi di Indonesia contohnya. 

Brand luar negeri yang sangat cocok dipakai untuk anak zaman now salah satunya tren fashion ala style korea dengan desaian gambar bt21. Fashion bisa, disebut gaya hidup yang di mana jadi diri mengalami perubahan yang terpengaruhi oleh lingkungan sekitar. Suatu trend fashion, yang melaju pesat menjadi populer apabila diminati banyak masyarakat, apalagi kalangan anak muda diera maju. Dan bt21 merupakan suatu brand dari Korea Selatan yang dibentuk pada tahun 2017. Bt21 adalah sebuah karakter animasi yang memiliki nama karakter yang unik yakni Koya, RJ, Shooky, Mang, Chimmy, Tata, Cooky, dan Vang ( Amadea Utami 2019 ) . Bt21 ini bekerja sama dengan suatu perusahaan fashion di Jepang yaitu Uniqlo.

Uniqlo bagi anak-anak sekarang sudah tidak asing ditelinga. Waktu peluncuran fashion dengan gambar bt21 ini banyak pembeli yang mengantri panjang di depan toko. Pembeli ini, merupakan fanbase bt21. Fans bt21 yaitu Army yang merupakan Fansbase boyband asal Korea Selatan. Pembelian fashion ini merupakan sebuah kepuasan tersendiri karena produk-produk tersebut dianggap sebuah kebutuhan. Brand fashion luar memiliki kulitas unik, bagus dan bermutu. Dan kesuksesan ini membuat banyak suatu perusahaan ingin mengikat perjanjian kontrak dengan brand bt21. Perjanjian kontrak kerja berlaku jika kedua perusahaan tersebut benar-benar menyetujui.

Sebagai generasi milenial menggunakan pemakaian suatu produk fashion pasti pengaruh suatu gender dan usia antara laki-laki dan perempuan. Menurut penulis, gender dan usia sangat diperlukan untuk menentukan sebuah pakaian dengan motif-motif yang cocok dipakai apalagi ukuran yang ingin digunakan. 

Gender menurut Campbell (1997) menjelaskan bahwa perempuan jauh lebih memiliki keterlibatan penuh dalam belanja dibanding laki-laki. Dan menurut Solomon (2004) menjelaskan bahwa pakaian merupakan bagian dari fashion adalah kategori produk yang dikenal dapat mencerminkan kehidupan sosial konsumen, fantasi, dan keanggotaannya. 

Namun, sekarang penggunaan pemakaian baju sudah tidak terhalang lagi dengan masalah gender dan usia. Sekarang penggunaan fashion baju ini bisa dijadikan satu dengan satu ukuran atau bisa dikenal nama unisex.

Untuk membeli fashion ini kita bisa lewat suatu aplikasi online shop untuk memesannya. Diera digital ini sangat dimudahkan untuk menggunakan internet. Penggunaan internet sebagai media pemasaran dan saluran penjualan terbukti mempunyai keuntungan antara lain untuk beberapa produk tertentu lebih sesuai ditawarkan melalui internet harga lebih murah mengingat membuat situs di internet lebih murah biayanya dibandingkan dengan membuka outlet retail di berbagai tempat.

Selain pemakaian baju pasti ada tambahan fashion biar tambah hits yaitu pemakaian celana, tata rias, aksesoris, dan sepatu. Penambahan beberapa barang ini kita bisa terlihat enak dipandang oleh orang-orang disekitar lingkungan contohnya. Apalagi jika perempuan yang memakai pasti menggunakan tata rias atau make up dan aksesoris kecil.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline