Lihat ke Halaman Asli

Anggraeni Budiyuono

UPI KAMPUS DI CIBIRU

Penggunaan Google Meet sebagai Sarana Pembelajaran Digital di SDN Pasawahan 03

Diperbarui: 29 Juli 2021   21:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) untuk tahun ajaran 2021/2022 telah dimulai sejak tanggal 21 Juli 2021. Hingga saat ini, pandemi covid-19 masih menjadi permasalahan serius di wilayah Indonesia. Hal tersebutlah yang memaksa Pemerintah untuk menghimbau kepada Pihak Sekolah agar tetap melanjutkan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara jarak jauh menggunakan media online atau daring.

Pembelajaran digital merupakan pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi digital dan fasilitas internet. Pembelajaran digital dapat dilakukan kapan saja, dimana saja tanpa ada batasan ruang dan waktu.

SDN Pasawahan 03 telah mengimplementasikan pembelajaran secara daring sejak awal 2019 lalu. Dengan memanfaatkan fitur Grup Whatsapp, guru dan siswa dapat melaksanakan kegiatan KBM secara online.

Namun, untuk tahun ajaran 2021/2022 SDN Pasawahan 03  berencana untuk memulai menggunakan Google Meet sebagai sarana kegiatan pembelajaran agar dapat dilakukan secara tatap maya dan lebih interaktif. Kegiatan pembelajaran melalui aplikasi Google Meet ini telah dimulai sejak Jum'at (23/7/2021).

Dokumen pribadi

Kepala SDN Pasawahan 03 Hj. Lilis Sumarliah, S.Pd mengatakan bahwa kegiatan belajar mengajar tatap maya harus dilaksanakan minimal satu minggu sekali. "Pembelajaran tatap maya  melalui zoom meeting atau google meet harus dilaksanakan minimal satu minggu sekali dalam pembelajaran," paparnya dalam rapat, Rabu (21/7/2021).

Pembelajaran melalui Google Meet ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk tetap dapat menghadirkan pembelajaran yang jauh lebih bermakna untuk anak walau dilaksanakan secara daring dan dalam keadaan jarak jauh.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline