Lihat ke Halaman Asli

Anggit Tri Hamzah

Jarnalis/CilacapUpdate.com/PT Kolaborasi Mediapreneur Nusantara

Bansos Mitigasi 2024 Kapan Cair? Dapatkan Rp 600.000

Diperbarui: 7 Februari 2024   14:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

NusaHits.com

NusaHits.com Menanggapi inflasi dan fluktuasi harga bahan pangan yang dipengaruhi musim panen dan hari raya, Pemerintah Indonesia meluncurkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan.

Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat menghadapi inflasi dan fluktuasi harga pangan yang diakibatkan oleh berbagai faktor, termasuk musim panen dan hari raya keagamaan.

Bantuan senilai Rp 600.000 per keluarga akan diberikan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

Penyaluran bantuan akan dilakukan secara bertahap, dengan tahap pertama sebesar Rp 200.000 untuk periode Januari hingga Maret 2024.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan bahwa BLT Mitigasi Risiko Pangan ini berbeda dengan program BLT El Nino dan bantuan pangan beras yang diberikan kepada 22 juta KPM lainnya.

"BLT Mitigasi Risiko Pangan ini ditujukan untuk membantu masyarakat yang terdampak oleh perubahan kondisi ekonomi dan pangan," jelas Airlangga di Jakarta, Senin (29/1/2024).

Cara Cek Penerima BLT Mitigasi Risiko Pangan

Masyarakat dapat mengecek status penerimaan BLT secara online melalui laman cekbansos.kemensos.go.id. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.

2. Masukkan informasi yang dibutuhkan seperti nama provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline