Lihat ke Halaman Asli

Anggit PW

Mahasiswi Magister Manajemen Inovasi STEMBI Bandung

Pemanfaatan Platform Online untuk Eksistensi Pasar Rakyat di Masa Pandemi

Diperbarui: 20 April 2022   08:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Saat ini, Pasar tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pasar merupakan pusat kegiatan ekonomi yang berfungsi sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli. Pasar memegang peran signifikan dalam menggerakkan ekonomi Indonesia. 

Pasar tradisional tidak hanya memiliki nilai ekonomi melainkan miniatur kebudayaan Indonesia yang multikultural. 

Pasar tradisional menjadi contoh nyata kebhinnekaan bangsa Indonesia dan memiliki nilai strategis sebagai warisan budaya bangsa. Oleh karena itu, pasar tradisional harus dijaga eksistensinya.

Pasar rakyat umumnya terletak dekat kawasan pemukiman masyarakat. Hal ini bertujuan agar memudahkan pembeli untuk mencapai pasar. Ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai untuk menggerakkan aktivitas pasar berpengaruh besar terhadap peran pasar disuatu wilayah. Sebagai pilar pembangunan ekonomi kerakyatan, pembangunan bangsa Indonesia yang terus berjalan semestinya didukung oleh pasar rakyat.

Penulis melakukan kunjungan karyawisata ke Pasar Rakyat. Observasi singkat dilakukan pada tiga lokasi pasar rakyat, yaitu Pasar Jaya Lenteng Agung (Provinsi DKI Jakarta), Pasar Tugu (Provinsi Jawa Barat), dan Pasar Johar (Provinsi Jawa Tengah). 

Secara geografis, Pasar Lenteng Agung, Pasar Pal Tugu dan Pasar Johar berlokasi di dekat jalan raya dan pemukiman masyarakat.  Ketiga Pasar ini selalu ramai yang menandakan adanya pergerakan ekonomi masyarakat dan akan berimbas kepada sektor produksi.

Penulis melakukan observasi dan wawancara singkat dengan beberapa penjual dan pengunjung ketiga pasar ini. Hasilnya menunjukkan bahwa ketiga pasar rakyat dalam kondisi yang cukup baik. Sarana dan prasarana sudah dipersiapkan oleh setiap pengelola pasar. 

Ada salah satu fakta menarik, yaitu sebagian besar pedagang di pasar rakyat tersebut belum memiliki toko online dan masih mengandalkan interaksi fisik di pasar dalam bertransaksi.

Meskipun zaman sudah berkembang, namun hasil pengamatan menunjukkan masih minim pedagang di pasar rakyat merambah ke pasar digital. Pasar tradisional memang memiliki segmen pelanggan yang berinteraksi secara fisik untuk bertransaksi. 

Namun peluang pasar digital sangatlah besar. Platform digital dinilai sangat bermanfaat untuk membantu kebangkitan pasar rakyat yang mengalami penurunan pendapatan di tengah pandemi Covid-19.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline