Lihat ke Halaman Asli

Muhammad AnggitAdriyanto

Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta

Khasiat Kurma dalam Berbuka Puasa

Diperbarui: 29 April 2021   10:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: https://www.prenagen.com/

Saat ini kita sebagai umat muslim sedang memasuki fase Bulan Ramadhan, kewajiban dalam berpuasa di bulan ramadhan tentunya bukan hal yang asing bagi para muslim. Pada bulan Ramadhan yang ke - 1442 H ini semoga kita semua di beri kesehatan dan kemampuan untuk beraktivitas pada bulan puasa ini. Baiklah, pada bulan yang penuh berkah ini identik sekali dengan pemilihan menu buka puasa yang sangat beragam, banyak orang beramai -ramai pada saat menjelang berbuka hanya untuk mencari taqjil, sangat berkesan bukan?!. 

Dalam berbuka, kita dianjurkan untuk berbuka puasa dengan yang manis - manis, Nah salah satunya, yaitu Kurma. Dalam sunnah Nabi umat muslim kita selalu dianjurkan untuk berbuka dengan Kurma, kenapa Kurma? karena, di dalam buah kurma mengandung segudang manfaat yang baik bagi tubuh kita. Salah satunya yaitu, bisa cepat dalam mengembalikan energi tubuh, Lohh. Yuk simak manfaatnya.

1. Memiliki Kandungan Nutrisi yang Melimpah

Kurma merupakan salah satu buah yang mengandung mineral cukup tinggi, buah ini juga mengandung Vitamin A dan Vitamin B2 jenis riboflavin. Nutrisi seperti, zat besi, vitamin B, asam nikotinat, tiamin dan niasin tak luput dalam kandungan yang dimiliki oleh buah ini. 

Zat - zat tersebut sangat berfungsi dalam menjaga kesehatan jantung dan saraf - saraf agar tetap sehat, sangat bermanfaat bukan bagi orang - orang dengan usia lanjut. Buah ini juga memiliki kandungan lemak yang minim sehingga masih layak jika di konsumsi secara harian.

2. Berguna dalam mengatasi masalah pencernaan

Salah satu masalah pencernaan yang sering di alami oleh beberapa orang yaitu, konstipasi. 

Nah, buah ini dapat menjadi solusi penyembuhannya, Loh!. Dengan merendam kurma dalam air semalam kemudian tunggu hingga kurma berubah menjadi seperti sirup lalu, minumlah air rendaman kurma tersebut niscaya penyakit seperti konstipasi dapat teratasi.

3. Di percaya dapat mencegah kanker abdomen

Nah, khasiat kurma yang satu ini cukup ampuh untuk membantu proses penyembuhan para penderita kanker abdomen.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli Kurma di percaya dapat membantu dalam mengurangi dampak dan risiko yang ditimbulkan dari kanker abdomen. Karena kurma bekerja dalam bentuk tonik yang selalu menutrisi untuk berbagai kalangan usia, bahkan kurma juga di percaya lebih ampuh dalam mengobati penyakit dibandingkan dengan pengobatan dalam bentuk tradisional lain. Lagipula, di dalam kurma memiliki banyak manfaat tanpa adanya efek negatif, sehingga aman untuk di konsumsi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline