Hallo semuanya! Hallo teman-teman pembaca setia! Pasti baru-baru kemarin ini sudah dengar ya mengenai berita pertandingan sepak bola Indonesia melawan Argentina? Sebegitu ramai dan hebohnya berita tersebut hingga menuai banyak spekulasi di masyarakat. Lalu, apa saja ya hal-hal menarik untuk dibahas seputar topik tersebut?
Mari kita simak setelah perkenalan diriku ya! Mohon memperkenalkan diri, namaku Anggita Candra Adnaneswari, merupakan salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta dari program studi Ilmu Komunikasi. Salam kenal! Di kesempatan kali ini, saya ingin membahas mengenai sebuah topik yang sedang hangat dan baru terjadi kemarin nih. Apalagi kalau bukan mengenai pertandingan sepak bola antar dunia yakni pertandingan antara Indonesia melawan Argentina.
Tak dapat dihindari bahwa pertandingan sepak bola melawan Argentina merupakan sebuah hal pemberitaan yang ramai luar biasa di dalam negeri untuk periode kali ini. Mengapa demikian? Karena momen langka yang diciptakan tersebutlah membuat antusias para pesuporter tim sepak bola Indonesia dan para pecinta sepak bola tanah air.
Argentina yang merupakan salah satu negara yang terkenal memiliki pertahanan yang kuat dalam hal sepak bola. Pertahanan yang dimaksud disini ialah kualitas dalam bermain di medan lapangan, kuatnya solidaritas antar pemain, dan banyak factor lainnya sehingga berpengaruh kepada keberhasilan tim.
Pemberitaan yang cukup berhasil tersebut sehingga membuat ramai publik merupakan bentuk peranan media massa yang memiliki kemampuan sebagai alat untuk menyebarkan ide atau gagasan, juga dapat menggiring dan menarik perhatian khalayak, serta terdapat unsur persuasif dalam hal mempengaruhi sikap khalayak atau publik.
Hal tersebut merupakan definisi yang berasal dari seorang ahli, McQuail. Baik itu publik yang menyukai berita tersebut, hingga publik yang netral dan kontra terhadap berita yang dibawakan tersebut. Mengacu teori dari McQuail, berita yang beredar di masyarakat mempunyai tujuan untuk menarik perhatian publik.
Setiap media berusaha menyajikan isi berita yang menarik supaya dapat menggiring perhatian publik. Kemudian pada setiap media juga membawakan isi berita yang berbeda-beda atau memiliki pandangan (perspektif) yang khas karena bertujuan untuk menyebarkan ide yang ada pada masing-masing media tersebut.
Berdasarkan teori tersebut, masing-masing media yang mengeluarkan berita Indonesia vs Argentina, diantaranya seperti pada media CNN Indonesia yang memiliki judul 'Netizen Heboh Usai Bintang Argentina Tinggal 2 Pekan di Indonesia'. Di dalamnya memberitakan seorang bintang pesepak bola Argentina Nicolas Tagliafico yang tidak langsung kembali ke negara asalnya setelah pertandingan berakhir, akan tetapi lebih memilih untuk menetap selama dua pekan di Indonesia.
Selama dua pekan itu, dirinya terlihat menunjukkan aktivitas momen-momen liburannya di Bali bersama sang kekasih. Dapat dilihat dari isi berita tersebut, bahwa media CNN Indonesia ingin menampakkan sebuah berita yang menarik untuk dibaca khalayak, terutama para pecinta sepak bola. Kesan dari berita tersebut juga ingin memvalidasi sebuah pernyataan bahwa pertandingan Indonesia dengan Argentina ini merupakan bentuk pertandingan persahabatan antar keduanya.
Pertandingan ini diadakan untuk memperkuat jalinan persahabatan dunia sepak bola dari Indonesia dengan Argentina, tidak ada unsur rival atau saingan. Karena hal itu, netizen atau khalayak yang membacanya akan sangat antusias dan senang dengan adanya berita tersebut. Apalagi bagi fans Argentina, baik dalam dunia sepak bola atau hanya sebagai pecinta negaranya saja.
Kemudian tak dapat dipungkiri bahwa reputasi Argentina di dunia sepak bola memang diakui top. Terlebih di dalamnya terdapat bintang sepak bola dunia yakni Lionel Messi. Dirinya yang dikenal sebagai orang nomor satu di dunia sepak bola, yang kerap disandingkan dengan Christiano Ronaldo oleh para pecinta sepak bola dunia. Tidak mengherankan apabila dirinya memiliki banyak penggemar di dunia salah satunya di kalangan pecinta sepak bola Indonesia.