Lihat ke Halaman Asli

Anggi Maulana

Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa

Peningkatan Penjualan Pecak Sehati pada Ramadhan 2024

Diperbarui: 13 Juli 2024   08:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setiap orang membutuhkan makan, dengan potensi pasar yang luas maka tidak heran jika banyak pelaku bisnis yang tertarik untuk membuka peruntungannya di dunia bisnis kuliner, sayangnya sebagian pebisnis cenderung tanpa persiapan, manajerial yang kompleks, hanya ikut-ikutan tren kekinian serta kurangnya kekuatan cita rasa produk dan bisnis model sehingga bisnis yang diharapkan berkembang malah tumbang dan gulung tikar. Untuk itu, Pecak Sehati dengan pengalaman dan kedalamannya mengarungi bisnis kuliner ini sejak tahun 2017 hadir sebagai konsep kuliner yang matang yang mengedepankan cita rasa autentik Indonesia, khususnya pecak ikan yang menjadi menu andalan best seller.

pada umumnya usaha kuliner kerap kali mengalami kenaikan penjualan pada periode ramadhan, termasuk pada rumah makan pecak sehati 1 yang berlokasi di Jl. Raya Industri No. 44, Pasirgombong, Kec. Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Pada periode tersebut mengalami kenaikan signifikan yang terjadi di bulan puasa tahun ini.

Pada minggu 07 juli 2024, telah dilakukan wawancara dengan bapak Lili Hambali selaku owner rumah makan pecak sehati. Pada kesempatan itu narasumber memberikan informasi mengenai peningkatan penjualan selama bulan ramadhan. Dan bapak Lili Hambali menjelaskan beberapa menu best seller, " Pada  rumah makan kami, terdapat beberapa menu best seller yang banyak diminati yaitu : gabus pucung, nila pecak, ayam pecak, dan bandeng pecak. Untuk menu minuman yaitu es teller sehati, es selendang mayang dan es lidah buaya." Ucapnya.

Pada saat bulan ramadhan pecak sehati mengalami peningkatan penjualan yang signifikan dari  bulan sebelumnya yang menunjukkan presentase 9%, dan pada bulan ramadhan menunjukkan angka penjualan sebesar 19%. Itu artinya mengalami peningkatan sebesar 10% dari bulan sebelumnya. Adapun salah satu faktor peningkatan penjualan pada bulan ramadhan yaitu kebutuhan untuk berbuka puasa khususnya bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa.

Adapun penjualan yang dialami pecak sehati pada saat setelah bulan ramadhan dengan presentase 12%, itu artinya mengalami penurunan sebesar 7% dari penjualan bulan ramadhan. Penurunan tersebut disebabkan oleh faktor berakhirnya bulan ramadhan, yang kembalinya aktivitas normal masyarakat khususnya umat muslim seperti biasa.

(Pecak Sehati, Pasir Gombong, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline