Lihat ke Halaman Asli

Anggih Fidianti

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia

Mengenal Lebih Dekat Berbagai Macam Gangguan Mental dengan Drama Daily Dose of Sunshine

Diperbarui: 11 November 2023   00:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Poster Drama Daily Dose of Sunshine (Sumber: Capture Netflix via JawaPos.com)

Masalah kesehatan mental menjadi isu yang belum terselesaikan di tengah masyarakat baik global maupun di Indonesia. Isu tersebut menjadi lebih serius sebab setiap tahun, jumlah penderita gangguan mental tetap ada bahkan naik. Usia remaja pun turut menjadi penyumbang sebagian besar penderita gangguan mental.

Menurut data yang disiarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, menunjukkan sebanyak 6,1% penduduk Indonesia berusia di atas 15 tahun mengalami gangguan kesehatan mental. Mengutip dari Tirto.id, bersumber dari laman ITS menyatakan pendapat profesor Universidade Federal do Rio Grande do Sul, Christian Kieling, MD. PhD, bahwa depresi yang dialami remaja diperkirakan mengalami peningkatan sebanyak 10—20% setiap tahunnya. 

Permasalahan serius dari gangguan depresi mengakibatkan timbulnya bunuh diri. Pada kasus terbaru di Indonesia, terdapat seorang mahasiswi yang mengakhiri hidupnya dengan gas helium di dalam mobil. 

Maka dengan demikian, isu kesehatan mental terus digaungkan oleh masyarakat. Sosial media pun menjadi wadah untuk mengenalkan gangguan kesehatan mental dan mengkampanyekan pentingnya menjaga kesehatan mental. Selain sosial media, industri perfilman baik lokal maupun luar turut andil mengangkat isu kesehatan mental dalam film ataupun drama.

Kuartal keempat tahun 2023, khususnya bulan November, platform Netflix kembali menayangkan drama korea terbaru. Daily Dose of Sunshine menjadi salah satu drama korea yang tayang di aplikasi paling laris tersebut. Berjumlah 12 episode, Netflix menayangkan seluruh episodenya pada 3 November 2023, sehingga bisa langsung disaksikan tanpa harus menunggunya setiap minggu.

Daily Dose of Sunshine adalah drama korea yang kental dengan kesehatan mental. Drama ini menceritakan Jung Da Eun, diperankan oleh Park Bo Young, merupakan seorang perawat dari poli kesehatan jiwa. Berangkat dari profesinya yang merawat pasien dengan pengidap gangguan mental, drama ini menyajikan kasus yang berbeda setiap episodenya.

Dengan demikian, penonton dapat belajar dan mengenal lebih dekat berbagai macam gangguan kesehatan mental mulai dari penyebab, gejala, dan penyembuhannya. Bahkan, di dalam drama ini mengajarkan beberapa terapi pada kasus-kasus tertentu.

Drama dan tulisan ini tidak membenarkan kompasianers untuk melakukan self diagnosis. Butuh tenaga medis ahli pada bidangnya untuk mengukur dan mendiagnosa apabila kompasianers mengalami gejala serupa dalam drama.

Berikut adalah ringkasan berbagai macam gangguan kesehatan mental dalam drama Daily Dose of Sunshine.

1. Bipolar

Pada episode pertama, drama tersebut mengisahkan seorang bernama Oh Ri Na dengan gangguan bipolar. Oh Ri Na sendiri adalah istri dari seorang hakim yang hidupnya serba mewah dan dimanjakan oleh ibunya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline