Lihat ke Halaman Asli

Peran Teknologi Melalui Informasi dalam Pembelajaran Daring di Tengah Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 19 Juni 2021   21:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Penulis : Anggi Panggabean/ Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia.

Universitas HKBP Nommensen Medan.

ArtikelPost- Dunia pendidikan saat ini dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan internet. Salah satu teknologi dan internet yang ikut berperan dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran daring. Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) berfungsi sebagai perantara antar pendidik dan siswanya dengan jaringan internet yang mendukung. Berbagai macam media yang digunakan sebagai pembelajaran daring, contohnya: WhatsApp, Zoom, Meet, Google Classroom atau bahkan channel youtube.

Pembelajaran online walau hanya secara virtual tidak hanya memindah proses tatap muka menggunakan aplikasi digital, dengan disertai tugas-tugas yang menumpuk. Pembelajaran harus lebih banyak berinovasi dan mencari terobosan pembelajaran di masa darurat seperti Covid-19 saat ini.

Pola pembelajaran daring harus menjadi bagian dari semua pembelajaran meskipun hanya sebagai komplemen. Intinya supaya guru membiasakan mengajar online. Guru maupun dosen  harus sudah punya perlengkapan pembelajaran online. Seperti peralatan teknologi minimal yang harus dimiliki guru adalah gadget (smartphone) dan laptop. Mungkin sebagian siswa dan tenaga pengajar, tidak kesulitan menggunakan internet dalam pembelajaran daring. 

Tetapi bagi sebagian guru ataupun dosen dan siswa yang masih gaptek (gagap teknologi) akan menjadi masalah. Walaupun mereka sudah memiliki gadget (smartphone), notebook atau laptop, namun belum pernah memanfaatkannya untuk pembelajaran daring. Kondisi seperti inilah yang kemudian memunculkan masalah baru. Berhubung pembelajaran secara daring sudah menjadi tuntutan dan kebutuhan dimasa pandemi Covid-19 ini, maka guru dan siswa mesti memaksakan diri mereka sendiri untuk belajar dan memahami teknologi informasi. 

Agar mengasah skill siswa, dan peningkatan kualitas diri dengan perubahan sistem, cara pandang atau bahkan pola interaksi kita dengan teknologi. 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas dalam penggunaan teknologi dan internet sebagai media pembelajaran pada saat pandemic covid-19 ini. Hasil penelitian tersebut ialah teknologi informasi memiliki peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada Universitas HKBP Nommensen Medan ditengah pandemi virus corona covid19, proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik dengan adanya teknologi informasi yang sudah berkembang pesat saat ini diantaranya elearning, google class, whatsapp, meet, zoom bahkan channel youtube pun ikut serta media infromasi lainnya, serta jaringan internet yang dapat menghubungkan dosen dan mahasiswa sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik sebagaimana mestinya meskipun ditengah pandemi virus corona covid-19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline