Lihat ke Halaman Asli

Anggie Novita Sari

Tadris IPS 1 IAIN Jember

Filsafat Pendidikan Materialisme dan Tokoh Pemikiran Filsafat Pendidikan Materialisme

Diperbarui: 15 April 2020   11:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Pengertian Filsafat Pendidikan Materialisme adalah sebuah faham yang didalam filsafat menyatakan bahwa suatu hal yang dapat dikatakan benar adanya adalah materi, yang pada dasarnya semua hal terdiri atas materi dan fenomena adalah hasil dari material. Sehingga pandangan hidup yang mencari tentang segala sesuatu termasuk kehidupan manusia didalam alam kebendaan.

Tokoh Pemikiran Filsafat Pendidikan Materialisme

- Demokritos

 Beliau adalah seorang filsuf yang termasuk dalam madzhab Antonisme. Menurutnya nilai tertinggi dalam hidup manusia adalah keadaan batin yang sempurna, hal itu dapat dicapai apabila manusia bisa menyeimbangkan antara faktor yang ada dalam kehidupan. Yang bertugas untuk menyeimbangkan faktor tersebut adalah rasio.

- Ludwig Feuerbach

Feurebach adalah seorang filsuf dari Jerman, beliau merupakan pelopor filsafat materialisme yaitu suatu etika yang humanistis dan suatu epistemologi yang menjunjung tinggi pengenalan inderawi. Menurutnya yang ada hanyalah materi dan tidak mengenal adanya alam spiritual.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline