Program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas PGRI Madiun oleh kelompok 69 ajak masyarakat untuk pelatihan pembuatan kripik pisang sebagai usaha pengembangan dan pemberdayaan masyarakat Dusun Purworejo, Desa Tulung, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun.Kegiatan dikuti oleh perwakilan setiap RT di Dusun Purworejo yang berjumlah dua orang, hal itu dilakukan karena bentuk menaati prokes dimasa pandemi Covid-19. Sosialisasi dan pelatihan ini dilakukan pada tanggal 16 Februari 2022.
Program ini dilakukan karena belum adanya UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Dusun Purworejo. Sosialisasi ini dilakukan untuk mengembangkan potensi kekayaan alam yang dimiliki.
Selain potensi alam yang mendukung kegiatan ini dilaksanakan juga untuk membantu merealisasikan program yang dijalankan oleh Pemerintah Daerah khususnya di Dusun Purworejo Desa Tulungyang meliputi Peningkatan produktivitas usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).
Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan sosialisasi tentang UMKM, Keunggulan Produk yang akan dibuat dan dilanjutkan demo / praktik pembuatan kripik pisang yang diikuti secara antusias dan semangat karena kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini merupakan pertama kali ada di Dusun Purworejo Desa Tulung.
"Remen ibu -- ibuke mbak menawi wonten kegiatan ngeteniki, saget nambahi pengetahuan nambahi kegiatan iso ugo awor batur" tutur Sriani salah satu warga yang mengikuti kegiatan.
Yang dalam bahasa Indonesia menyatakan bahwa ibu ibu menyukai kegiatan sosiaslisasi terssebut karena dapat menambah pengetahuan, menambah kegiatan dan dapat saling bertemu dengan warga yang lain.
Kegiatan ini dilaksanaskan di sekretariat KKN-T Universitas PGRSI Madiun Kelompok 69 denganharapan dapat membatu meningkatkan pendapatan masyarakat dengan merintis UMKM, yang selanjutnya menjadi dasar bagi pengembangan usaha UMKM yang berkelanjutan.KKN-T Kelompok 69 juga melakukan pelatihan packaging guna menambah daya tarik dalam pengemasan produk seerta memberikan logo untuk produk agar dapat menjadi awal pengembangan UMKM. Logo yang kami berikan sebagai berikut:
Dikarenakan persaingan usaha yang semakin meningkat, maka strategi pemasaran sangatlah penting bagi UMKM. Untuk meningkatkan pemasaran yang pertama dilakukan yaitu mendesain tampilan produk, yang kedua memasarkan produk pada media sosial, yang ketiga kami memberikan inovasi terhadap rasa untuk produk kripik pisang. Dengan adanya digital marketing hal ini dapat membantu mempermudah pengenalan produk agar UMKM kripik pisang Dusun Purworejo Desa Tulung lebih maju dan berkembang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H