Lihat ke Halaman Asli

Anggie gracellasaragih

Mahasiswi ilmu komunikasi

Dampak Covid-19 terhadap Proses Belajar Mengajar

Diperbarui: 27 April 2021   18:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Proses Belajar Mengajar (dok. pribadi)

Pandemi virus corona COVID-19 mengubah segala ritme hidup manusia di dunia. Salah satunya mengubah tatanan sistem pendidikan.

Pemerintah telah menerapkan aturan untuk meliburkan sekolah dan menggantinya dengan sistem belajar online di rumah. Hal ini sebagai upaya untuk mendukung PSBB (pembatasan sosial berskala besar), demi menekan laju penularan dan penyebaran COVID-19.

Jika biasanya di waktu normal para murid dan guru mengadakan kegiatan belajar mengajar berinteraksi langsung bertatap muka (face to face) di sekolah. Kini, semua kegiatan belajar mengajar harus dilakukan melalui daring, atau online.

Kegiatan belajar mengajar secara daring, bukan hanya jadi tantangan bagi para siswa. Tetapi juga para tenaga pendidik, alias para guru yang harus tetap bekerja professional mengajar para muridnya hanya bermodalkan teknologi.

Seperti pengakuan ibu Syarifah Aini, perempuan yang sehari-harinya bekerja sebagai guru untuk murid kelas dua di salah satu sekolah dasar negeri di wilayah Tangerang ini mengungkapkan meski ia tak merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan perubahan sistem belajar mengajar di kelas secara online. Ia merasa sistem sekolah online ini tidak efektif sama sekali, baik untuk siswa dan juga guru yang mengajar.

"Banyak yang mengeluh karena belajar di rumah (offline) itu anak-anak banyak yang tidak/kurang mengerti bahkan sulit memahami dengan kita belajar jarak jauh melalui video call / daring, jadinya susah untuk di pahami anak-anak maka dari itu ada beberapa para otang tua murid mengeluh dan protes"

Untuk kesulitan melaksanakan sekolah online, Aini menambahkan untuk murid kelas satu belum tentu memiliki sebuah hanphone ( gadget) dan bahkan ponsel untuk berkomunikasi masih berbarengan dengan orang tua. Maka kendalanya, jika orang tua terlambat merespon, maka akan semakin lama pula tugas yang diberikan kepada murid bisa dikoreksi.

"Banyak orang tua yang sibuk berkerja, jadi tidak slalu bisa mengontrol anaknya dalam proses belajar. Dan bagi murid yang mengabaikan tugasnya karena suatu kendala dapat membuat seorang murid tersebut tertinggal pelajaran ( pengetahuan) ".




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline