Lihat ke Halaman Asli

anggianna lubis

hi , saya mahasiswi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr, Hamka

Pembelajaran Menarik dan Edukatif yang Dapat Dilakukan Selama Pandemi

Diperbarui: 22 Juli 2021   16:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Diawal tahun 2020 tepatnya bulan maret semua Negara di dunia termasuk Indonesia terancam wabah virus yang bernama Covid-19. Virus tersebut adalah virus yang menyerang imunitas manusia dan dapat menyebabkan kematian. 

Virus ini menyebabkan demam, batuk, hilangnya indra penciuman dan perasa, bahkan sampai menyebabkan hilangnya kesadaran sementara. Penyebaran virus Covid-19 sangat cepat melalui udara, cairan tubuh seperti air liur, darah dan  benda-benda yang ada di lingkungan sekitar.

Semenjak awal virus Covid-19 melanda Indonesia , pemerintah menetapka system lockdown bagi seluruh wilayah di Indonesia. Sitem ini di berlakukan karena semakin banyak masyarakat terkena virus ini, dan di harapkan dapat meminimalisir terjangkitnya virus ini pada masyarakat. 

Banyak kebijakan yang harus di lakukan dengan adanya lockdown seperti pembatasan berkumpul, mengurangi mobilitas satu  ketempat yang lain, bekerja dari rumah, beribadah dari rumah dan kebijakan belajar dari rumah. Semua kegiatan di lakukan dari rumah agar dapat mengurangi tingkat penyebaran virus Covid-19.

Mengenai kebijakan belajar dari rumah adalah kebijakan yang di lakukan pemerintah agar semua pusat kegiatan belajar mengajar di lakukan dari rumah. Dengan kebijakan tersebut guru dan pihak sekolah mencari cara agar pembelajaran tetap berlangsung efektif walaupun dari rumah, seperti menggunakan system daring ( dalam jaringan) atau tatap maya. Selama pembelajaran di lakukan dirumah guru dan orang tua mempunyai peran penting dan harus berkolaborasi menciptakan pembeajaran yang baik bagi anak dirumah.

Bagi guru memberikan pembelajaran yang menarik dan edukatif adalah hal yang wajib di lakukan bagi guru agar siswa tertarik dan termotivasi dalam belajar. Pembelajaran yang menarik dapat diawali dengan mendesain atau membuat rancangan pembelajaran yang menyenangkan, dengan memanfaatkan tingkat kreativitas guru. 

Guru dapat membuat pembelajaran yang menarik dan edukatif dengan menggunakan dan memanfaatkan teknologi seperti aplikasi zoom meeting, google meet, whatsapp, dan lain-lain sebagai sarana pembelajaran. Guru juga bisa menggunakan metode yang tepat seperti metode project based learning, daring method, luring method dan home visit method. Guru juga dapat menggunakan media yang menarik seperti power point interaktif, video pembelajaran dengan animasi kreatif.

Selain guru orang tua juga dapat memberikan pembelajaran yang menarik dan edukatif bagi anak selama dirumah dengan membuat kegiatan sensori play yang dapat di gunakan dengan bahan-bahan yang ada dirumah sepeti membuat clay dari tepung, mewarnai beras atau kacang. 

Dan pembelajaran yang dapat di lakukan adalah melakukan kegiatan yang ada dirumah seperti memasak, membantu bersih-bersih, dan lainnya.  Dengan di berlakukannya semua kegiatan di rumah termasuk pembelajaran tidak menutup kemungkinan guru dan orang tua bisa berkreativitas melakukan kegiatan kegiatan pembelajaran yang menarik bagi siswa dan anak di rumah. Semua pembelajaran akan menarik dan edukatif jika guru dan orang tua mau berkreativitas demi keberlangsungan pembelajaran anak di rumah. 

- anggianna putri lubis 

MAHASISWA PGSD,UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF.DR.HAMKA 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline