Lihat ke Halaman Asli

Anggi Anggraeni

Pelajar/Mahasiswa

Teori Lev Vygotsky dan Piaget Tentang Perkembangan Soal dan Kognitif

Diperbarui: 17 Januari 2025   14:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua tokoh psikologi perkembangan yang memberikan kontribusi besar terhadap pemahaman perkembangan kognitif pada anak. Meski keduanya sama-sama fokus pada bagaimana anak belajar dan berkembang, pendekatan mereka berbeda. Berikut adalah perbandingan teori mereka:

Teori Lev Vygotsky (Sosiokultural)

1. Dasar Teori:

Menekankan peran lingkungan sosial dan budaya dalam perkembangan kognitif anak.

Anak belajar melalui interaksi dengan orang lain, terutama orang dewasa atau teman sebaya yang lebih berpengetahuan.

2. Zona Perkembangan Proksimal (ZPD):

Konsep utama dalam teori Vygotsky.

ZPD adalah jarak antara apa yang dapat dilakukan anak secara mandiri dan apa yang dapat dicapai dengan bimbingan atau dukungan.

Contoh: Anak yang belum bisa menyelesaikan soal matematika sendiri, tetapi bisa jika dibantu guru.

3. Scaffolding:

Dukungan atau bantuan sementara yang diberikan oleh orang dewasa atau teman sebaya untuk membantu anak menyelesaikan tugas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline