Lihat ke Halaman Asli

Kontribusi Mahasiswa KKNT 22 Unuha Ajarkan Teknik Dasar Komputer bagi Anak-anak di Desa Meluai Indah

Diperbarui: 13 Agustus 2023   22:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Minggu, 13 Agustus 2023 Mahasiswa KKNT 22 desa Meluai Indah dari Universitas Nurul Huda menjalankan rutinitas program kerja KKN, salah satunya mengajar les komputer. Mahasiswa mengenalkan komputer kepada anak-anak usia sekolah dasar khususnya kelas 5 dan kelas 6. Les komputer dilaksanakan setiap hari Minggu di Posko KKNT 22 desa Meluai Indah. Kegiatan ini dimulai pada hari Minggu, 16 Juli 2023 sampai dengan sekarang. Antusiasme anak-anak sangat tinggi dalam proses pembelajaran mengenal komputer. 

Materi pembelajaran minggu pertama yaitu mengenai hardware dan software, minggu kedua belajar menginput data pada table dalam Microsoft word, minggu ketiga belajar membuat kop surat, minggu keempat belajar membuat isi surat dan minggu kelima belajar membuat kop dan isi surat secara mandiri. Teknik pembelajaran les komputer ini di awali dari teori kemudian langsung praktik.

Les komputer ini diajarkan langsung oleh mahasiswa KKN-T 22 Universitas Nurul Huda dari program studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) yang bernama Anggi Noviana dan Sahrul Alan Setiawan sebagai penanggung jawab. 

Menurut Syahrul, Anak-anak di desa Meluai Indah sangat bersemangat dalam belajar, apalagi belajar komputer merupakan hal baru bagi mereka. Alasan mengapa memilih mengajarkan komputer kepada anak-anak sekolah dasar karena untuk bekal awal mereka ke jenjang pendidikan selanjutnya. Hal ini disebabkan kemajuan dunia yang semakin canggih, sehingga les komputer ini diharapkan dapat mendukung potensi belajar siswa serta diharapkan mereka mampu secara mandiri dalam mengoperasikan komputer nantinya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline