Lihat ke Halaman Asli

Anggi

Seorang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Tidar Magelang

KKN UNTIDAR Bersama Pemerintah Desa Sidomulyo Adakan Pelatihan Sulap Limbah Rumah Tangga Menjadi Eco-Enzym

Diperbarui: 8 Agustus 2024   03:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diah Anggitasari (Dokpri)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Tidar periode satu tahun 2024 bersama dengan pemerintah Desa Sidomulyo mengadakan pelatihan pengelolaan limbah rumah tangga menjadi pupuk organik cair eco-enzym. Pelatihan ini diikuti oleh warga Dusun Kedung Kepis dengan jumlah peserta 20 orang pada Rabu, 24 Juli 2024 di Dusun Kedung Kepis, Desa Sidomulyo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang.

Pupuk eco-enzyme merupakan pupuk cair organik yang memiliki seribu manfaat terutama untuk meningkatkan kesuburan tanah. Pupuk cair jenis ini terbuat dari fermentasi gula merah atau molase dan sampah organik dari sisa buah atau sayuran yang dicampur dengan air bersih. Bahan-bahan yang sudah siap difermentasi didiamkan dalam kurun waktu 3 bulan, dengan ketentuan setiap satu minggu sekali dibuka tutup galonnya agar tidak meledak karena gas yang menumpuk akibat proses fermentasi.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat keberlanjutan bagi warga Dusun Kedung Kepis.

"Semoga setelah diadakan pelatihan ini ibu-ibu bisa menerapkan sendiri dirumah masing-masing jadi tidak perlu repot-repot beli pupuk untuk tanaman," tutur Khosim (42) sebagai salah satu perangkat Desa Sidomulyo yang menginisiasi kolaborasi ini.

Bukan hanya pelatihan pengelolaan limbah rumah tangga saja, tetapi juga terdapat pelatihan penanaman dan perawatan tanaman obat keluarga. Mulai dari cara penanaman tanaman obat keluarga yang benar sampai kadar pupuk yang harus diberikan untuk tanaman. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan antusias yang luar biasa dari warga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline