Lihat ke Halaman Asli

Rencana Tindak Lanjut Bimtek Guru Pembimbing Khusus

Diperbarui: 7 Oktober 2022   14:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

RENCANA TINDAK LANJUT

Setelah peserta pelatihan dibekali pengetahuan dan ketrampilan, maka sessi akhir dalam pelatihan ini adalah menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL). Dalam penyusunan RTL disini seyogyanya diarahkan kepada pencapaian tujuan agar Quality Control  diterapkan pada setiap pelatihan yang telah terakreditasi. Hal ini merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan dalam menjamin mutu pelatihan. Karena RTL itu merupakan suatu perencanaan suatu kegiatan, maka kita mulai dengan pengertian perencanaan terlebih dahulu.

Perencanaan merupakan salah satu fungsi organik dari manajemen yang bertujuan untuk memecahkan masalah melalui suatu proses sistematis yang memiliki urutan logis dari langkah sebelumnya.

Oleh karena perencanaan adalah suatu proses pemecahan masalah, maka langkah awal dalam perencanaan adalah menguraikan masalah secara jelas, sedangkan langkah akhir adalah menghasilkan suatu dokumen rencana yang siap dilaksanakan.

Langkah-langkah dalam fungsi manajemen perlu jelas kedudukannya dalam seluruh fungsi manajemen, maka dipandang perlu adanya lima langkah utama dalam proses penyusunan suatu perencanaan, yaitu:

Langkah 1

:

Analisa masalah yang terdiri dari Analisa situasi, identifikasi

masalah, penetapan prioritas masalah, dan faktor penyebab

Langkah 2

:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline