Lihat ke Halaman Asli

anggauin

Angga Teguh Prastyo adalah dosen pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang konsentrasi studi pada penelitian skripsi mahasiswa serta pengembangan Manajemen Pendidikan Islam. Akun Youtube: anggauin

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan Manusia

Diperbarui: 6 September 2023   08:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Berbicara mengenai teknologi informasi dan komunikasi tidak terlepas dari kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial. Ini merupakan salah satu asumsi dasar dari hasil perkuliahan kelas B Semester III Prodi MPI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang dibawah kepemimpinan ketua kelas, M. Abid Shafly Marzuq.

Dalam diskusi di kelas tersebut ditegaskan bahwa keberadaan manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan alat komunikasi sehingga segala bentuk aktivitas yang dilakukannya menjadi efisien. Di sinilah peran dari teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang mampu menjembatani antara kebutuhan manusia di satu sisi yang lain dengan aktivitas pekerjaan yang dilakukannya. Oleh karena itu peran teknologi dan komunikasi sangat penting karena dapat mempermudah kinerja manusia terutama ketika mereka saling berkolaborasi dan bekerja satu sama lain sehingga aktivitas yang dilakukannya sehari-hari dapat terlaksana dengan baik.

Berbicara mengenai teknologi informasi dan komunikasi tidak terlepas dari kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial. keberadaan manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan alat komunikasi sehingga segala bentuk aktivitas yang dilakukannya menjadi efisien. Di sinilah peran dari teknologi informasi dan komunikasi yang mampu menjembatani antara kebutuhan manusia di satu sisi yang lain dengan aktivitas pekerjaan yang dilakukannya. Oleh karena itu, peran teknologi dan komunikasi sangat penting karena dapat mempermudah kinerja manusia terutama ketika mereka saling berkolaborasi dan bekerja satu sama lain sehingga aktivitas yang dilakukannya sehari-hari dapat terlaksana dengan baik.

Penulis: Tarisa Nurul Anggraeni, Muhammad Aqli Husain dan Angga Teguh Prastyo, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline