Lihat ke Halaman Asli

Anggaraksa MaulanaRamadhan

Mahasiswa Agribisnis dari Universitas Jember

Sinergi Bersama Membangun Usaha "Evicha Cake" ke Arah Digitalisasi dan Menegakkan Protokol Kesehatan

Diperbarui: 3 September 2021   10:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kantor  Desa Olehsari (dokpri)

Pandemi yang disebabkan oleh Covid-19 (Corona Virus-19) telah terhitung terjadi dalam kurun waktu 1,5 tahun. Pada periode waktu tersebut, cukup banyak dampak yang ditimbulkan dari adanya pandemi tersebut. Beberapa sektor yang terkena dampaknya yaitu, diantaranya kewirausahaan masyarakat, gaya hidup masyarakat, badan usaha milik desa, kegiatan pendidikan sampai dengan timbulnya masalah gizi masyarakat yang kurang baik. 

Bergerak dari beberapa permasalahan tersebut, Universitas Jember (https://unej.ac.id/) melalui program kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back To Village 3 berniat untuk dapat menanggulangi serta menemukan solusi dari beberapa permasalahan yang telah disebabkan oleh adanya pandemi ini.

Program KKN BTV 3 Universitas Jember (https://unej.ac.id/) ini dijalankan oleh seluruh mahasiswa yang menempuh mata kuliah Kuliah Kerja Nyata pada tahun ajaran ini, sehingga mahasiswa berperan sebagai eksekutor penyelasain beberapa masalah seperti yang telah disebutkan diatas. Salah satu daerah yang juga terdampak adanya pandemi tersebut adalah Desa Olehsari yang berlokasi di Kecamatan Glagah , Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Desa Olehsari sendiri merupakan desa yang terdiri dari 2 dusun yaitu Dusun Joyosari dan Dusun Krajan. Luas daerah desa ini yaitu 3,59 km2.

Visi dan misi yang terdapat pada desa ini yaitu "Membangun Masyarakat Cerdas, Bertaqwa , Berkualitas dan Sejahtera Menuju Kemakmuran Masyarakat yang Adil dan Merata".Tidak hanya itu saja, Desa Olehsari sendiri termasuk ke dalam salah satu desa di Kabupaten Banyuwangi yang mempunyai cukup banyak warisan budaya serta juga masyarakatnya yang memiliki mata pencaharian sebagai wirausaha.

Adanya pandemi yang terjadi di hampir seluruh daerah Indonesia juga memberikan dampak cukup signifikan terhadap masayarakat Desa Olehsari. Banyak sekali usaha serta pekerjaan masyarakat disini yang terkendala untuk dapat meraih penghasilan secara maksimal guna memenuhi kebutuhan hidup mereka. 

Kemudian, dari hasil kegiatan wawancara yang telah saya lakukan mendapatkan hasil bahwa di desa Olehasari terdapat UMKM atau kegiatan kewirausahaan masyarakat yang terdampak karena adanya pandemi Covid-19. Maka dari itu, hal tersebut membuat saya tertarik untuk melakukan tematik KKN dengan tema pemberdayaan kewirausahan masyarakat terdampak pandemi Covid-19 yang ada di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah , Kabupaten Banyuwangi untuk dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh pegiat UMKM disini. 

Survei informasi yang dilakukan pada proses penentuan sasaran kegiatan KKN ini dilakukan dengan melakukan komunikasi bersama Kepala Desa Olehsari dan juga Kepala Dusun Olehsari. Beliau juga menjelaskan bahwa juga terdapat beberapa pelaku UMKM di desa Olehsari. Akan tetapi, hasil dari kegiatan wawancara tersebut mendapatkan informasi bahwa terdapat salah satu UMKM yang masih tetap melakukan kegiatan produksi meskipun sedang pada masa PPKM.  

Saat proses pencarian telah usai, akhirnya sudah terpilihlah salah satu sasaran program kerja KKN nantinya yang akan saya lakukan yaitu dengan Mba Cica Ariani selaku pemilik UMKM . Usaha yang dijalankan oleh beliau merupakan usaha industri rumahan yang melakukan produksi kue kering. Pada kegiatan wawancara tersebut saya juga telah menanyakan mengenai kesediaan beliau untuk dijadikan sebagai sasaran kegiatan program kerja KKN BTV 3 Universitas Jember (https://unej.ac.id/)

Foto Bersama Mbak Ica Pemilik Evicha Cake (dokpri)

Permasalahan yang saya temukan dari hasil wawancara dengan pemilik usaha Evicha Cake tersebut ternyata juga dapat dibilang cukup banyak. Karena tentu saja dampak pandemi Covid-19 yang menyebabkan penjualan produk usaha milik Mba Cica Ariani menjadi menurun. Beliau juga menyebutkan bahwa pemasaran yang ia lakukan masih sebatas pemasaran secara offline saja dan masih belum terlalu mengenali bagaimana bentuk dari pasar online dan juga pemasaran secara digital. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline