Lihat ke Halaman Asli

ANGGA Pranata

mahasiswa

Sisi Gelap Dunia Ritel Berbasis Teknologi

Diperbarui: 21 Desember 2022   23:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) saat ini sudah banyak bertebaran dan juga diterapkan di berbagai bidang kehidupan. Bahkan AI bisa Grameds jumpai dalam kehidupan sehari-hari, contoh penggunaan AI yang sering kita gunakan Adalah Online Shop.

Penggunan Kecerdasan buatan dalam dunia ritel sudah kita rasakan sejak beberapa tahun terakhir. Contohalnya untuk mendata barang, dengan menggunakan kecerdasan buatan sistem dapat mendeteksi kebutuhan apasaja yang diperlukan toko sehingga dapat mempercepat produktifitas ritel tersebut.

Akan tetapi dari dampak positif itu juga menimbulkan dampak negatif yang cukup serius, salah satunya adalah pemecatan karyawan ritel yang mengakibatkan banyaknya pengangguran. Hal ini menjadi problem yang serius terutama dalam keberlangsungan hidup orang banyak.

Oleh sebab itu diperlukan kesiimbangan antara penggunaan kecerdasan buatan dan tenaga manusia agar tercipta ekosistem yang setabil. Selain itu kesalahan dari sistem AI masih mungkin terjadi jika tidak dikontrol oleh manusisa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline