Lihat ke Halaman Asli

backpacker ke Brunei Darussalam

Diperbarui: 24 Juni 2015   11:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kunjungi blog aku di  http://www.ranseltki.com/ masjid omar ali saifuddin sejenak mendengar mau jalan2 ke brunei darussalam, mungkin banyak yang ngerasa aneh " mau ngapain sih kesono? apa sih yang kamu cari di brunei? atau apa sih istimewanya brunei". pertanyaan itu sangatlah lumrah karena brunei itu bisa dibilang negara kecil tapi kuayaaa raya tapiiiiii, soal pariwisata jangan ditanya ya!!! mmhhh, kayaknya masih jauh tertinggal dengan negara2 asia tenggara lainnya (mungkin kurang promosi kali ya wisata brunei itu). lebih tepatnya brunei terkenal dengan wisata religinya. mulai dari banyaknya masjid yang apik banget sampai ke museum semua bernuansa religi.

berbekal tiket promo airasia ( pesawat langganan, wkwkwkk), saat itu dapet tiket murahhhhh banget, cuman RM 124 untuk PP ,kuala lumpur-bandar seri begawan (kapan lagi bisa dapet tiket semurah itu untuk ke brunei, hihihi). sebenernya sih agak malas juga mau pergi, tapi berhubung udah dapat tiket murah ditambah rasa penasaran kepengen explore brunei, ya udahhh...cabutttt dahhhh!!!!

sesampainya di bandara brunei, alamakkkkkkk, bandaranya kecilllll bgt untuk ukuran bandara internasional tapi lumayan bersih jga sih. sejenak aku ngliat jam tangan aku, masih menunjukkan jam 09.00 pagi. tanpa pikir panjang aku langsung keluar bandara untuk nyari bis (katanya temen aku yang tinggal di brunei, mending naik bis aja daripada taxi karena naik bis cuman $B1 kemanapun tujuannya asal harus sabarrrrrrrrr buangettttt)...jalan dan jalan terus, kok ga nemu ya yang namanya halte bis. selang beberapa menit, byurrrrrrrrrr hujan turun dengan lebatnya ( mampus ni, ga ada tempat berteduh pula, akhirnya berteduh dibawah pohon yang gede banget). nasib, nasib...baru aja datang di negara orang sudah diguyur hujan. sambil nunggu mungkin ada bis lewat ( tapi ga lewat2), sedikit nyesel sih datang ke brunei tapi akhirnya ada sopir truk dari philipina yang baikkk hati banget nawarin tumpangan ke aku. syukurrrr dn lega dalam hati ini, gpp lah naik truk asal sampe ke tempat tujuan dan ga kehujanan lagi.

akhirnya aku diturunin di halte bis dan disuruh nunggu aja. ga lama juga aku nunggu akhirnya ada sejenis mobil taxi gtu ( bukan resmi ya, biasanya dipanggil kereta sapu) nawarin aku  " nak pergi kat mana?' (dengan logat melayunya) aku jawab aja " nak pergi kat bandar sri begawanlah cik" akhirnya sang sopir itu mengiyakan dan menyuruh aku membayar cukup $B1 aja (murah meriah euyy). sesampainya di bandar seri begawan aku langsung nyari hostel dormitory pusat belia (sejenis asrama sih sebenernya). pusat belia ini satu2nya hostel yang paling murah dan lokasinya sangat strategis di brunei. harga per malemnya cuman $B10 doank. mau ke tempat2 wisata yang cukup terkenal di brunei cukup jalan kaki, mau ke terminal bis 10 menit juga udah nyampe, mau ke pasar kianggeh  5 menit doank, mau cari makanan malem juga ga jauh banget. sekedar info aja ya, aku disana menghabiskan 2 malem 3 hari doank dan cuman menghabiskan $B150 doank sudah termasuk oleh2 lho...

tentang brunei

Brunei adalahi negara terkaya kelima dari 182 negara karena memiliki ladang minyak bumi dan gas alam yang luas. Selain itu, Brunei juga terkenal dengan kemakmurannya dan ketegasan dalam melaksanakan syariat islam, baik dalam bidang pemerintahan maupun kehidupan bermasyarakat. brunei ini sangat kecil sekali dan bisa di explore dalam waktu sehari atau 2 hari ( kurang lebih kayak singapore gtulah luasnya). mata uang brunei menggunakan $  brunei dimana untuk nilainya sama dengan $ singapore. dan $ singapore juga bisa dipakai di brunei tapi $ brunei tidak bisa dipakai di singapore.

tempat menginap

untuk urusan hostel, kayaknya kalian ga ada pilihan lain kalo mau menghemat $B kalian di brunei. soalnya untuk hostel yang cocok dengan kantong backpacker ya " hostelpusat belia". hostel pusat belia ini lokasinya sangat strategis, murah meriah dan nyaman banget. hostel pusat belia merupakan hostel

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline