Lihat ke Halaman Asli

Irfan Hanif

Stay healthy

Kesal dengan Orang yang Lebih Tua? Begini Cara Mengatasinya!

Diperbarui: 9 Agustus 2022   19:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: Dreamstime

Kesal setiap kali sering dialami oleh setiap orang, mulai dari kesal dengan suami ataupun istri kemudian kesal dengan teman atau keluarga sendiri, kesal dengan tetangga dan lain sebagainya. Namun apakah kita pernah merasa kesal dengan orang yang lebih tua dari kita? Katakanlah usianya sangat jauh lebih tua dari kita kemudian kita kesal dengannya karena suatu hal.

Tentu sepertinya ada beberapa orang yang pernah mengalaminya. Lantas apakah yang harus kita perbuat? Melampiaskan kekesalan kita pada orang lain, atau ingin melemparkan kekesalan lagi dengan orang yang lebih tua itu? Nampaknya hal ini akan menjadi pertimbangan besar bagi seseorang yang kesal pada yang lebih tua.

Belum lagi jika orang yang tua itu banyak gaya, belagu, serta bersikap semena-mena dengan yang lebih muda. Pasti kita sebagai kaum muda mungkin akan takut bila seperti itu dan bersabar saja walaupun kita juga emosi dengannya. 

Adakah diantara kalian yang pernah seperti ini? Karena banyak orang berkata "sudah tua jangan banyak gaya, apalagi belagu". Tidak tahu benar atau tidaknya, mau bagaimanapun juga katanya orang yang lebih tua harus dihormati dan bersikap sopan.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi kesal terhadap orang yang lebih tua, mungkin diantara kalian ada yang pernah mengalaminya. Siapa tahu cara ini bisa dicoba.

Pertama, ketika kesal dengan orang yang lebih tua kita utamakan untuk meminta maaf dengannya. Apa yang membuat mereka kesal dan marah dengan kita, sehingga kita menjadi dimarahi olehnya dan tentunya itu mungkin akan membuat kita kesal juga. 

Bicaralah pelan-pelan dengannya, contohnya seperti ini "maaf ya pak / bu, ini memang kesalahan saya" atau jika mereka kesal dengan kita tapi kita tidak tahu apa yang diperbuat cobalah berkata "maaf pak / bu, kalau boleh tau apa ya kesalahan saya, mungkin saya bisa introspeksi diri dan tidak mengulanginya lagi". 

Tentu dengan cara kita yang sopan seperti itu, akan membuat mereka menjadi tenang menghadapi kita dan segera diberitahu kesalahannya. Jadi intinya, kita harus tetap meminta maaf terlebih dahulu barulah minta penjelasan darinya.

Selanjutnya yang bisa dilakukan adalah diamkan saja, jangan banyak bertingkah apalagi membantah. Mungkin cara ini bukanlah solusi yang bagus, karena dengan diam saja kita pasti masih menyimpan rasa emosi atau dendam padanya. 

Biarkanlah orang yang lebih tua itu berhenti menggerutu soal kekesalannya pada kita, dengarkan saja apa yang mereka bicarakan. Jangan sekali-kali kita membantahnya, karena yang ada pasti akan dikatakan tidak sopan oleh mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline