Lihat ke Halaman Asli

Irfan Hanif

Stay healthy

Teringat Masa SD, Bikin Mewek Seketika

Diperbarui: 27 September 2018   19:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi Pribadi

Sekolah adalah kewajiban setiap orang dulunya ketika masih umur anak-anak dan remaja, dimana mereka harus bangun pagi setiap hari (senin-jumat) untuk segera mandi, berpakaian seragam, sarapan, lalu berangkat. 

Ada pula yang terlambat masuk karena hal tertentu, ada yang agak malas, dan lain sebagainya. Namun itu semua tentunya tetap dijalani, mau semalas apapun itu anak pasti tidak ingin melewatkan sekolahnya. Walau itu tidak ada pr, ulangan, tugas tapi harus tetap menunaikan kewajibannya demi mendapatkan ilmu. 

Canda dan tawapun pasti juga menyelimuti masa-masa sekolah. Belum terpikirkan beban kehidupan, karena biaya masih ditanggung orang tua, jadinya kita sebagai seorang anak tugasnya ya cuma belajar, belajar, dan belajar saja. Semua pasti ada masanya kan? hehe... 

Sama halnya dengan sekolah dasar alias SD. Masa SD banyak yang bilang adalah masa-masa yang sangat mengasyikkan, seru, heboh, menyenangkan, menggembirakkan, dan apalah itu sebutannya pokoknya senang, senang, dan senang... 

Yap, yang bisa mengatakan itu adalah orang yang sudah lewat dari masa sekolah termasuk orang kuliahan dan orang yang sudah bekerja. Kadang kala selalu rasanya ingin kembali ke masa anak-anak, disaat masih belum ada beban pikiran kehidupan sama sekali.

Bermain permainan anak-anak (kalau jaman SD saya dulu sih yaa tahun 2001-2006 :D), bercanda ria, membuat teman nangis, menjahili teman, bandel tidak mau diperintah guru, dan lainnya. Yang tentunya itu semua adalah kelakuan anak-anak. Saya juga pernah menjahili teman dulu saat kelas 1 SD, jadi ceritanya sih saya agak nggak senang saja dengan teman yang cewek, karena bicaranya ceplas-ceplos (ya hanya bercanda sih). Nah, yasudah ketika itulah saya berusaha untuk menjahilinya.

Yaitu, saya ambil uang seribu rupiah miliknya lalu saya bilang: "ini gua sobek yaa... gua sobek nih..."  Dan si cewek itu bilang: "yaudah sobek aja sana.." dengan nada kesal dan mewek. Disitulah akhirnya saya sobek beneran "SREEETTTT" dan si cewek itupun menangis tersedu-sedu. Yaah pada akhirnya saya hanya diperingati guru bahwa besoknya disuruh mengganti uangnya. Hehehe maklum dulu saya agak bandel namun tidak sampai brutal kok. :D.

Selain itu juga masa SD juga masa pembelajaran menuju kedewasaan. Artinya di sini kita di didik dan dilatih supaya menjadi orang dewasa nantinya harus bagaimana, seperti apa, dan lain-lain. Maka tak heran jika kepala sekolah kadang memerintahkan para muridnya untuk selalu bersikap mandiri, jangan bergantung pada orang lain. Nyatanya memang benar, ketika sudah beranjak dewasa seseorang itu akan menjadi pribadi yang bisa bersikap bijak, mandiri, melakukan segala hal dengan sendirinya, tidak selalu bergantung pada orang lain.

Dan alhasil, kita bisa dinilai sebagai pribadi yang sudah dibilang dewasa dan bijak di masyarakat. Tentunya dengan hasil dan usaha yang maksimal pula. Kemudian menurut saya sih, orang yang sudah dewasa mungkin akan mewek mengingat masa-masa kecilnya. Maka itu saya menulis artikel ini. 

Sebab masa kecil adalah masa SD. Saya sendiripun juga begitu, kalau sudah ingat masa SD bawaannya mewek dan ingin nangis! Tapi tidak mungkin juga menangis dihadapan publik. hihihi....

Yaa begitulah kira-kira, masa SD memang menyenangkan. Masih semangat-semangatnya belajar, pelajarannya juga belum begitu sulit, gurunya asyik, latihan soalnya asyik, apalagi yaa... Sama olahraganya mungkin juga asyik. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline