Lihat ke Halaman Asli

Irfan Hanif

Stay healthy

Jangan Pernah Sepelekan Pelajaran dan Pendidikan

Diperbarui: 28 Agustus 2018   15:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

http://www.loop.co.id

Mendapatkan ilmu dari berbagai macam media memang sangat tidak salah dilakukan, apalagi jika seseorang tersebut memiliki kemampuan untuk dapat mengakses ilmu di media digital seperti era sekarang ini. Dengan kemudahan dan kelancaran yang berbasiskan teknologi digital, menjadikan setiap orang mampu mempelajari dan mendapatkan sebuah wawasan yang cemerlang, yang sedang ingin digelutinya. 

Berbicara mengenai pelajaran pun juga tak kalah penting yang ada kaitannya dengan ilmu. Sebab dalam sebuah pelajaran dituangkan banyak sekali ilmu pengetahuan akan apa saja, dan disitulah wawasan kita menjadi bertambah sehingga kita bisa saling sharing kepada orang lain pula.

Tidak hanya mengenai ilmu/pelajaran yang didapatkan dibangku sekolah atau kuliah saja, melainkan juga termasuk pelajaran hidup, memaknai arti hidup, bagaimana caranya bersyukur akan hidup ini, dan sebagainya (misalkan). 

Setiap orang yang sudah menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi pada setiap tahunnya, maka akan bertambah pula ilmu yang telah didapat dari berbagai macam pelajaran yang sudah digelutinya.

Misalkan, kalian seorang yang memiliki keahlian di bidang berhitung atau pelajarannya bernama matematika.

Jika melihat orang/teman kalian yang merasa kesulitan terhadap penyelesaian soal matematika tersebut, maka cobalah kalian untuk mengeluarkan kemampuannya dalam berhitung. 

Ajarkan dia bagaimana cara penyelesaiannya, mengapa bisa seperti ini dan hasilnya bisa sempurna, cara-cara nya seperti apa, rumusnya, dan sebagainya. Bila hal itu kalian lakukan sesering mungkin, maka banyak orang/teman yang memuji kalian atas keberhasilannya dapat membantu mereka memecahkan soal matematika itu. Menurut banyak orang, matematika adalah pelajaran yang sulit, membuat otak terkuras, pusing, rumit, lelah untuk berpikir, dan lain-lain. 

Tetapi ketahuilah bahwa sebuah ilmu dan pelajaran apapun itu tidak ada yang tidak bisa, pasti kita bisa melakukan dan menggeluti pelajaran tersebut asalkan ada niat dan kemauan yang tinggi.

Memang pada dasarnya kemampuan setiap orang beda-beda. Ada yang senang dengan hitungan, ada yang senang dengan ilmu-ilmu sosial, ilmu analisis, ada yang senang dengan pelajaran keterampilan yang menggunakan konsep kreatif, dan macam-macam. 

Pelajaran yang sudah didapat di bangku sekolah maupun kuliah, usahakan jangan pernah disepelekan. Walaupun itu memang nantinya tidak terpakai 100%, namun ilmu yang sudah didapatkan jangan pernah untuk dilupakan sekalipun.

Jujur saja, saya sekarang ini yang sudah S-1 ingin sekali rasanya untuk bisa merasakan sekolah lagi, membaca buku pelajaran, mengerjakan latihan dan ulangan, mengerjakan soal-soal di buku baik itu pilihan ganda atau essay.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline