Lihat ke Halaman Asli

Irfan Hanif

Stay healthy

Kondangan, Numpang Makan Gratis dan Enak

Diperbarui: 20 Agustus 2018   23:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://zerg.malesbanget.com

Ketika mendengar kata 'kondangan' mungkin yang ada di benak seorang anak-anak adalah bisa menikmati hidangan gratis dan enak-enak. Namun bila menurut pemikiran orang dewasa apalagi yang merupakan bagian dari anggota keluarga atau saudaranya maka kondangan adalah ucapan selamat atas menempuhnya hidup baru seorang pengantin baru yang sebelumnya adalah calon mempelai pria dan wanita. Selamat berbahagia karena sudah berhasil menempuh hidup yang baru semoga menjadi keluarga sakinah, mawadah, dan warohmah. Begitulah kurang lebih ucapan yang sering kita lihat dan didengar bila ada acara kondangan. 

Kondangan yang paling memuaskan hati dan jiwa adalah di sebuah gedung. Yup, karena gedung adalah salah satu tempat yang digunakan oleh hampir mayoritas orang untuk ditempati acara pernikahan. Sebab bila acara kondangan yang hanya berada di ruang terbuka dengan fasilitas tenda-tenda mungkin orang tidak terlalu suka. Tetapi mau bagaimanapun rejeki tiap orang berbeda-beda jangan mengikuti jejak orang lain yang mampu mengadakan acara kondangan di gedung. Syukuri saja, yang penting kan bisa nikah, bisa dapat jodoh. :D

Belum lagi bila pernikahan yang berlangsung di gedung biasanya karangan bunganya lumayan banyak, apalagi untuk orang yang dikatakan sangat mampu, berpenghasilan sangat lebih, mungkin akan menjadikan suasana yang begitu mewah diacara kondangannya. Tak hanya itu, hidangannya pun pasti juga serba mewah. Siapa yang tak mau datang ke acara kondangan seperti ini, apalagi untuk tamu yang tak diundang alias datang ke kondangan hanya numpang makan makanan yang enak dan gratis pula.

Soalnya kapan lagi kan bisa seperti itu, telinga harus tetap awas akan kabar kondangan yang didengar dari omongan orang-orang. Atau bahkan ketika berpergian selalu siap batik, celana hitam, dan pantofel. Nah jika sedang jalan-jalan lalu melihat ada kawinan kan tinggal ganti saja semuanya :D.

Mau bagaimanapun memang kesannya tidak sopan, tidak ada sangkut pautnya dengan kita dan keluarga kita mengapa harus datang... Tetapi bila ingin mencobanya silahkan, lagi pula tamu-tamunya kan banyak jadi tak ada yang kenal siapa-siapanya. Datang saja, dan langsung melipir ke tempat prasmanan. 

Untuk saya pribadi sih belum pernah ya mencoba hal ini karena menurut saya dianggap tidak sopan. Yang namanya menghadiri acara pernikahan kan tujuannya untuk membuat pengantin pria dan wanitanya senang serta bahagia karena sudah menyempatkan diri untuk hadir dan memberikan ucapan kepada mereka. Untuk makan sebenarnya hanya pilihan saja, boleh iya boleh tidak. Memang rasanya tidak lengkap bila acara kondangan tak ada menu hidangannya.

Karena memang itu sih ya yang paling banyak ditunggu-tunggu hadirin. Sebaiknya bila pertama datang bersalamanlah bersama mempelai pria dan wanitanya dan juga kedua orang tua dari mempelai pria dan wanita. Berikan ucapan bahagia dan selamat kepada mereka, bila waktunya cukup basa-basi saja sebentar. Barulah turun dari pelaminan dan menyantap hidangan yang disediakan.

Lalu ketika ingin mengambil makanan pasti yang kurang disukai adalah berdesak-desakkan. Ya, itu memang wajar yang namanya acara kondangan pasti selalu seperti itu. Mau kesana kemari sempit, menyenggol orang, dan makanpun harus berdiri serta jalan-jalan. Mau bagaimana lagi, tak ada cara lain lagi dan itu semua memang harus dinikmati secara sabar, dan bergantian. 

Jika menu makanannya enak-enak pasti merasa ketagihan ingin menambahnya. Sebab memang kapan lagi bukan? Bisa makan enak dan gratis seperti itu? Jadi pada intinya sih memang makanan kondangan enak-enak ya... Tak apa lah datang ke kondangan yang diharapkan hanya bisa makan enak, sekali-sekali cobalah untuk bandel sedikit. Jangan terlalu terpaku terhadap aturan yang berlaku, walau tidak sopan yaa tapi bolehlah dicoba cara ini.... hihihi...

Ingat ya, modalnya baju batik, celana bahan warna hitam, dan sepatu pantofel. Bila perlu pakai parfum super harum biar banyak yang terpikat :D.

Semoga terhibur.... 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline