Lihat ke Halaman Asli

Belajar dari Leicester City

Diperbarui: 19 April 2016   11:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Sumber : wikimedia.org"][/caption]

Judul tulisan ini mungkin sedikit aneh, karena isi tulisan ini bukanlah tentang cara belajar bermain sepak bola. Terlebih Leicester City merupakan Klub kecil yang tidak memiliki pemain bintang dan mahal. hampir semua pemain mereka berlatar belakang pemain yang tidak terkenal. Namun tak dipungkiri, musim ini Leicester bak bunga semerbak mewangi. Memberikan keindahan dan pelajaran yang dapat kita ambil hikmahnya.


Pada tahun lalu, musim 2014/2015 Leicester masih tergolong club sepak bola yang tak terkenal bahkan nyaris terdegradasi. Namun siapa yang menyangka, pada musim selanjutnya 2015/2016 leicester tampil bak raksasa. Mereka berhasil menduduki puncak klasemen liga inggris yang notabene nya liga terbaik didunia. Ini merupakan fenomenal yang sangat langka.


Jika kita renungi, perjuangan leicester city patut kita jadikan pelajaran. Mengingat mereka benar-benar berjuang tanpa mengenal putus asa. Kegigihan, kerjasama dan pantang menyerah menjadi kunci utama keberhasilan mereka menumbangkan tim-tim besar. Walaupun pertandingan menyisakan 5 laga, dan mereka unggul 7 poin dari pesaing terdekatnya Totenhamhostpur tetapi mereka tidak besar kepala, bahkan cendrung rendah hati.


Seperti yang disampaikan oleh pelatih mereka Claudio Ranieri, “kami belum mendapatkan apa-apa”. Dalam hal ini dapat kita simpulkan bahwa mereka tidak cepat puas, dan selalu menginginkan sesuatu yang lebih besar. Saya teringat suatu kata mutiara Man Jadda Wa Jadda “Siapa yang bersungguh-sungguh maka mendapatlah ia”.


Dengan demikian, banyak pelajaran yang bisa kita petik didalam hidup ini. Tak hanya dari ceramah agama, dari sepak bola pun bisa kita ambil hikmahnya. Selama itu bisa bermanfaat untuk umat manusia.
Angga Deva




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline