Lihat ke Halaman Asli

Angga

Content Writer

Bukan Mengenerate Konten, Ini Cara Creator Memanfaatkan AI

Diperbarui: 11 Juli 2023   16:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi AI  Sumber: Unsplash

Kehadiran AI punya dampak yang luar biasa bagi para kreator konten, khususnya para penulis.

AI membuat produksi konten jadi lebih mudah dan efisien. Kalau sebelumnya butuh waktu berjam-jam, bahkan sampai beberapa hari sekedar untuk membuat satu konten, sekarang waktu produksi konten bisa dipangkas sampai lebih dari setengahnya. Jadi tidak heran, banyak pelaku bisnis dan perusahaan yang melakukan efisiensi dengan menyerahkan beberapa pekerjaan produksi konten ke AI.

Agar tetap relevan, konten kreator pun mulai mengadopsi AI dalam proses pembuatan konten. Tapi cara mereka beda dengan cara perusahaan atau pengguna pada umumnya. Berikut bagaimana kreator konten memanfaatkan AI untuk menghasilkan karya.

1. Brainstorming ide kreatif

AI bisa jadi alat ampuh untuk menarik ide-ide kreatif. Kamu tidak harus mencari ide sendiri lagi. AI bisa membantu membangkitkan ide kreatifmu yang mungkin sedang buntu.

Ide-ide yang disajikan AI sebenarnya masih sangat umum dan mentah. Meski sudah memasukkan prompt secara spesifik dan memasukkan konteks ke dalamnya, ide kontennya masih saja dangkal. 

Kamu masih perlu otak-atik prompt untuk mendapatkan ide yang lebih spesifik. Kamu juga masih harus mengembangkan ide-ide itu agar lebih relevan dengan target audiens yang kamu incar.

Satu tips untuk kamu yang ingin menggunakan AI untuk brainstorming. Jangan gunakan ide yang di-generate AI mentah-mentah. Cukup gunakan ide-ide itu untuk merangsang otak kreatifmu.

2. Riset tema dan materi konten

Setelah dapat ide, kreator konten akan mengumpulkan data-data dan mempelajari tema yang ingin dibuat. Riset tema biasanya dilakukan dengan membaca artikel, buku atau sumber informasi lainnya. Tapi dengan AI, kamu bisa melakukannya dengan lebih mudah.

AI bisa digunakan untuk menggali informasi dasar tentang tema konten yang ingin kamu buat. Karena bisa bertanya langsung, jawabannya juga langsung to-do-point. Kalau kamu masih sangat awam dengan tema yang ingin diangkat, informasi tersebut cukup untuk memberimu fondasi dasar.

Tapi perlu diingat, informasi yang disajikan AI umumnya masih dangkal dan sekedar mengantar kamu ke depan pintu gerbang. Kamu masih harus menggali lebih dalam.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline