Lihat ke Halaman Asli

Hayang Beunghar??! Shodaqoh..

Diperbarui: 26 Juni 2015   19:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Hayang beunghar?? nya sodaqoh…(=pengen kaya?? ya sedekah..) Itulah kata yang seringkali terdengar di telinga saia, tentunya versi kota kelahiran saya, bahasa sunda. Kata-kata yang singkat, tapi penuh makna.

Kekayaan, siapa sih orang yang ngga mau kaya, (asal jangan kaya monyet,he..), pengen gaul harus pake duit, beli baju bagus pake duit, HP bagus pake duit, yang jadi masalah bagaimana kita memperoleh kekayaan tersebut. Kalau punya orangtua kaya mah enak, tinggal minta, pasti dikasih. Nah kita yang hidupnya pas-pasan, kalau pengen beli ini itu harus nabung dulu. Nasib..nasib…

Sebenarnya barometer kekayaan untuk seseorang itu sangat relative, ada orang yang punya duit pas-pasan tapi dia merasa cukup dengan keadaannya, ada juga orang yang mempunyai harta berlimpah akan tetapi dia sendiri tidak bisa menikmati dan selalu kekurangan. Tergantung kepuasan hati kita menerimanya, memang manusia itu tidak akan pernah merasa puas, akan tetapi jika kita hidup sesuai dengan koridor agama, insya Allah, hidup kita berkah.

Kita tidak munafik ada orang yang pergi ke dukun, ada orang yang memelihara tuyul (whatever lah..), ada orang yang maling (termasuk yang korup,he..) dan tentu saja banyak juga orang yang bekerja keras guna memperoleh kekayaan yang berlimpah.

Lha terus apa hubungannya antara kekayaan dan shodaqoh, bukankah kedua hal tersebut bertolak belakang, logika nya kalo pengen kaya, ya nabung sebanyak-banyaknya dong, bukan dikasihin orang. Disitulah keimanan kita diuji, secara logika memang tidak masuk akal, tapi kalau kita yakin dan ikhlas, tanpa ingin mendapatkan balasan serta pujian dari orang lain serta hanya ingin mendapat ridho dariNya. Insya Allah, itu semua akan dibalas Allah SWT. Ada kepuasan dan kebahagian yang tiada tara ketika kita berbagi dengan sesama.Subhanallah…

semoga bermanfaat..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline