Lihat ke Halaman Asli

Angga Dwi Saputra

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Seberapa Pentingnya Evaluasi dalam Proses Perkembangan Diri?

Diperbarui: 7 Januari 2023   12:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Penulis:

Angga Dwi Saputra (Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Evaluasi merupakan sebuah proses yang dilakukan dan bertujuan untuk menilai atau mengetahui seberapa jauh pertumbuhan, perkembangan dan juga keberhasilan pada sebuah tujuan tertentu. Dengan adanya evaluasi, kita dapat mengetahui bagaimana cara yang jauh lebih efektif untuk diterapkan dalam proses evaluasi dan dapat pula mengidentifikasi seberapa besar kemungkinan untuk mencapai sebuah tujuan. Dalam dunia pendidikan, proses evalusi mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Dengan adanya evaluasi, seorang guru dapat mengetahui kekurangan serta kelebihan yang dimiliki oleh peserta didiknya, mampu mengetahui metode apa yang tepat dan harus digunakan dalam proses mengajar agar peserta didik mudah untuk menerima dan memahami pelajaran yang akan disampaikan.

Evaluasi pembelajaran dilaksanakan atas dasar prinsip yang jelas. Prinsip dalam hal ini, adalah sebuah pedoman yang seharusnya dimiliki oleh guru-guru sebagai evaluator. Berdasarkan hasil wawancara yang sudah saya lakukan pada Rabu, 30 November 2022 dengan salah satu guru Bahasa Indonesia di SMA N 10 Semarang yakni bapak Imran, S.Pd. beliau mengakatakan bahwa, "Evaluasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang saya berikan kepada pesrta didik itu disesuaikan dengan materi yang sudah disampaikan. 

Jika materi tersebut membahas tentang kebahasaan, biasanya saya memberikan evaluasi dengan cara diskusi dan tanya jawab tentang materi yang dibahas. Dan jika materinya itu tentang sastra seperti puisi, cerpen ataupun drama, saya perintahkan peserta didik untuk mempraktekkannya langsung. Jika materi sastra tersebut tentang puisi makan saya perintahkan untuk membuat sebuah puisi dan kemudia dibacakan di depan kelas. Jika materinya tentang drama, maka saya perintahkan untuk membentuk sebuah kelompok dan kemudian masing-masing kelompok menampilkan drama yang mereka pilih. Dan jika materi sastranya tentang cetita pendek (cerpen), saya akan memberikan tugas untuk membuat sebuah cerpen, baik itu cerita yang pernah mereka lihat atau bahkan sudah pernah mereka alami".

Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa, proses evaluasi berperan penting guna mengetahui sejauh mana perkembangan yang terjadi pada diri kita. Begitu juga bagi seorang guru, proses evaluasi sangatlah berguna untuk menilai dan mengetahui kemampuan, perkembangan serta tingkat keberhasilan dari peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal penting yang perlu diingat yaitu, mengevaluasi diri sendiri ataupun orang lain adalah hal yang baik dilakukan, tetapi dengan tujuan untuk meberikan semangat dalam menuju sebuah titik pencapaian, bukan untuk saling menjatuhkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline