Lihat ke Halaman Asli

Angely Dlya

mahasiswa

Media Penyaluran Iluminasi Naskah Cirebon dengan Aspek Akodikologis

Diperbarui: 12 April 2023   22:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam dunia yang sudah berkembang saat ini teknologi sudah semakin berkembang dan maju salah satunya dalam bidang penyaluran media. Media merupakan sebuah wadah yang digunakan untuk menyalurkan sebuah pesan, informasi, gambar, simbol, dan berita.  Perkembangan media yang sangat pesat ini membuat manusia dapat  menyampaikan segala pendapat dan pandangannya dalam bentuk apapun.

Hal tersebut memang sejalan dengan adanya perkembangan teknologi yang sudah terjadi di era yang serba digital ini sehingga sangat memudahkan manusia untuk mentransformasikan hal apapun dengan menggunakan media apapun. Media itu ada yang berbentuk secara fisik, seperti koran, majalah, buku yang merupakan penyaluran sebuah ilmu dalam bentuk media cetak. Lalu terdapat juga media digital yang saat ini lebih banyak digunakan oleh banyak orang pada era yang sudah berkembang saat ini.

Contoh-contoh media-media digital seperti artikel-artikel online, tabloid, e-book, youtube, dan platform digital lainnya. Era digital telah mengubah segala bentuk platform media yang saat ini menjadi sangat mudah untuk mentransformasikan segala bentuk apapun informasi dan opini. Hingga saat ini sangat marak-maraknya orang ingin mentransformasikan berbagai bentuk informasi ke dalam media apapun baik itu dalam gambar, video, ataupun tulisan.

Dalam dunia pernaskahan kuno, para ahli filologi menggunakan media digital sebagai bentuk melestarikan dan juga menjaga naskah tersebut agar tidak musnah. Naskah-naskah kuno ini biasanya dituliskan dalam bahasa arab melayu kuno dan biasanya naskah-naskah tersebut juga sudah mulai hampir rapuh dan rusak. Makanya banyak para ahli filologi mentransformasikannya dalam bentuk digital dengan cara memfoto atau menscan naskah tersebut  dengan alat khusus.

Media yang ingin ditransformasikan ini biasanya merupakan naskah-naskah kuno yang medianya berupa daun lontar, kulit binatang, kertas daluang, dan kertas Eropa. Makanya diperlukan alat khusus untuk mendigitalkan naskah-nasakah tersebut. Agar naskah tersebut dapat dianalisis dengan baik dan dievaluasi yang tujuannya berguna untuk memahami naskah tersebut.

Aspek kodilkologi sangatlah berperan di sini, kodikologi merupakan penelitian yang berguna untuk menganalisis suatu naskah secara mendetail agar karakterisktik yang ada di dalam naskah tersebut dapat dipahami makna yang ada di dalamnya. Kodikologi juga menganalisis tata letak penulisan, tinta yang digunakan, bahannya, serta media yang digunakan untuk membuat naskah atau masnuskrip tersebut.

Kodikologi mencakup beberapa bidang seperti dalam bedang sejarahnya, sastra, seni, dan bahasa. Dalam kodikologi terdapat beberapa aspek yang biasanya digunakan oleh para peneliti. Aspek-aspek tersebut adalah

Aspek Historis yang biasanya mengkaji sejarah, budaya dan sistem sosial yang tertera dalam naskah tersebut. Biasanya melalui aspek ini kita dapat mengetahui bentuk sosial yang di jalani, kehidupan ekonomi yang berkembang pada masa itu dan budaya yang sedang berkembang pada masa itu juga.

Aspek Paleografi ini adalah aspek yang menganalisis tentang teknologi yang digunakan untuk membuat manuskrip atau naskah tersebut. Seperti dalam gaya penulisan, tinta yang digunakan, jenis kertas yang digunakan.

Aspek Filologis merupakan aspek yang menganalisis mengenai bahasa dan isi dari tulisan tersebut. Analisis yang biasanya digunakan berupa analisis dalam pemaknaan isi teks, mentransmisikan dan mentransformasikan dan juga menerjemahkan bahasa teks tersebut agar dapat dipahami dan dibaca ulang oleh generasi mendatang.

Aspek Kodeks menganalisis bentuk fisik dari teks tersebut seperti tata letak, jenis bahan, cara penyusunan naskah tersebut sebelum pada akhirnya naskah tersebut dianalisis lebih lanjut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline