Lihat ke Halaman Asli

Kronologi Bagaimana Modus Penipuan di ATM Bekerja

Diperbarui: 17 Juni 2015   22:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1412523801929119841

1 fakta menarik tentang penipuan yang dituliskan oleh James Ratley bahwa, “Nearly half of victim organizations do not recovery any losses that they suffer due to fraud” (Hampir setengah dari korban penipuan, perusahaan tidak akan mengganti kerugian yang mereka (korban penipuan) derita atau alami (Careersinfosecurity.asia).

Cukup banyak kejadian tentang modus penipuan yang terjadi di dunia ini, terutama kasus modus penipuan di ATM yang pernah menjadi sorotan berita. Macam-macam kejadian penipuan ATM yang telah terjadi berupa penggelapan kamera CCTV di mesin ATM, penggelapan kartu, trik untuk meyakinkan si korban, dan lain sebagainya. Namun itu semua adalah contoh dari tindakan penipuan di ATM. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan “penipuan” itu sendiri? Siapa saja dalang dibalik tindakan penipuan tersebut? Dan hal apa saja yang harus kita ketahui agar tidak menjadi korban modus penipuan di ATM?

Penipuan dapat diartikan ketika suatu tindakan digunakan untuk mendapatkan keuntungan dari ketidakjujuran (biasanya beruhubungan dengan keuangan) antara individual atau sekelompok orang (ActionFraud, “What is Fraud?”). Ada 2 jenis dalang penipuan tersebut, yaitu internal fraud - penipuan yang dilakukan oleh individu-individu di dalam suatu organisasi tempat ia bekerja, yang biasanya mempunyai akses untuk mencairkan aset-aset perusahaan seperti uang atau saham sedangkan external fraud – penipuan yang dilakukan oleh individu-individu luar organisasi yang mencakup kegiatan tentang pencurian, penipuan, dan pembajakan komputer diakibatkan karena sistem perlindungan yang tidak memadai (ACPO, “What is Fraud?”). Macam-macam jenis penipuan yang berhubungan dengan perbankan seperti bank account fraud, debit card fraud, store card fraud, dan lain sebagainya. (lihat http://www.actionfraud.police.uk/a-z_of_fraud)

Agar kita tidak menjadi korban modus penipuan tersebut, tentu kita harus mengetahui bagaimana kinerja para dalang penipu tersebut. Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara kerja para dalang penipu dalam kasus store card fraud – pencurian kartu untuk membeli suatu barang atas nama yang tertera di kartu atau pun memindahkan dana ke akun yang tidak dikenali (ActionFraud, “Store card fraud”).


[caption id="attachment_327507" align="aligncenter" width="550" caption="Modus Penipuan di ATM"][/caption]



< http://ngetik.com/wp-content/uploads/2012/07/Modus-Penipuan-di-ATM.jpg>.

1. Pelaku 1; bertugas mengganjal lubang ATM dengan potongan lidi korek api.

2. Korban yang terjebak, akan mendapat kartu ATM-nya tersangkut dalam mesin ATM.

3. Pelaku 2; berpura-pura sebagai nasabah bank, yang ikut mengantri. Saat korban panik, pelaku 2 akan menunjukkan nomor operator palsu yang tertempel di mesin ATM.

4. Pelaku 3; berperan sebagai satpam palsu. Tugasnya meyakinkan korban untuk mengikuti saran dari pelaku 2 agar menelpon ke nomor telepon operator palsu tadi.

5. Ketika korban menelpon pelaku 4, yang bertindak sebagai operator bank, sang operator palsu akan menanyakan nomor rekening dan meminta nomor pin. Alasannya untuk kepentingan pemblokiran kartu. Korban kemudian disuruh ke bank untuk melapor.

6. Ketika korban meninggalkan ATM, pelaku 1 kemudian akan menarik kartu yang tersangkut menggunakan benang semacam wol

* Pelaku 5; bertugas mengawasi suasana di sekitar ATM

Setelah mengetahui seluk-beluk penipuan dan kronologi modus penipuan di ATM ini bekerja, apakah anda sudah merasa lebih tenang jika nantinya anda mengetahui ada terjadinya tindakan modus penipuan seperti diatas, baik jikalau dialami oleh diri sendiri maupun orang lain? Maukah anda membagikan informasi tersebut kepeda orang lain sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama? Hanya anda sendiri yang bisa menjawabnya.

Referensi

Ratley, James. “The Facts on Occupational Fraud.” CareersInfoSecurity. 22 May 2012. 5 October 2014. < http://www.careersinfosecurity.asia/blogs/facts-on-occupational-fraud-p-1276>.

“Types of fraud.” ActionFraud. 5 October 2014. < http://www.actionfraud.police.uk/a-z_of_fraud>.

“Store card fraud.” ActionFraud. 5 October 2014. < http://www.actionfraud.police.uk/fraud-az-store-card-fraud>.

“What is fraud?.” ActionFraud. 5 Ocotber 2014. < http://www.actionfraud.police.uk/what-is-fraud>.

“Types of banking fraud.” Australia and New Zealand Banking Group Ltd. 5 Ocotber 2014. < https://www.anz.com.au/personal/ways-bank/security/online-security/threats-banking-safety/fraud-types/>.

“Types of fraud.” Americanexpress.co.id. 5 October 2014. .

“What is fraud?.” Fraud-stoppers. 5 October 2014. < http://www.fraud-stoppers.info/about/index.html>.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline