Lihat ke Halaman Asli

Ada Candi di Klodangan

Diperbarui: 30 November 2015   23:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Minggu 29 November 2015 lalu saya wisata sambil olah-raga ke sebuah situs yang disebut Candi Klodangan. Perjalanan ke tempat wisata ini menghabiskan waktu selama lebih kurang 45 menit dari titik awal di Jogja area Jalan Janti, Yogyakarta dengan sepedah. Saya menikmati perjalanan karena cuaca cerah tetapi tidak telalu panas.  

Kami sempat bertanya ke beberapa penduduk sekitar arah menuju situs Klodangan karena letak candi yang agak tertutup. Menurut keterangan penduduk, jika sudah memasuki area persawahan maka tempat tujuan sudah semakin dekat, dan itu yang membuat perjalanan lebih menarik; pemandangan hamparan sawah di kanan dan kiri jalan menemani. 

[caption caption="Perjalanan menuju Candi Klodangan"][/caption]

Kemudian, kami tancap kecepatan lebih biar cepat sampai. Keterangan di Wikipedia.com mencatat bahwa candi Klodangan ditemukan pada tahun 1998. Candi ini terletak di Dusun Klodangan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta dekat area persawahan. Bagi saya, situs ini merupakan candi terkecil yang pernah saya jumpai, menurut ukuran area. Bentuk candi ini hanya berupa fondasi batuan putih dan belum diketahui pasti apakah merupakan candi umat Buddha atau Hindu karena sampai saat ini tidak ada petunjuk kuat yang menyertai.

Sebelum foto-foto di area candi, saya sempat foto area kandang sapi yang dekat sekali letaknya dengan Candi Klodangan.  Menurut saya, itu juga menarik :D Hari itu, tujuan wisata dan olah-raga sudah tercapai. Bagi yang belum pernah singgah, monggo di tengok situs yang satu ini.

[caption caption="Sisi Candi Klodangan dari dalam area candi"]

[/caption]



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline