Lihat ke Halaman Asli

Angel Lina

mahasiswi prodi teknik informatika universitas pamulang

Mampukah Masyarakat Melestarikan Bahasa Indonesia di Era Digital?

Diperbarui: 5 April 2023   21:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Semua perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi yang cepat dapat membuat pergeseran eksistensi pada bahasa Indonesia. Apalagi pada Teknologi Informasi (TI) banyak menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar pemrograman. Tidak dapat dipungkiri bahwa Bahasa asing memang sangatlah penting untuk dikuasai agar dapat bersaing dan berperan dalam kehidupan Global. Apalagi pesatnya pergaulan secara digital pun tidak dapat dihindari.

Seiring dengan perkembangan zaman serta teknologi, generasi milenial saat ini memiliki media sosial yang merupakan tempat atau media untuk bersosialisasi, berkomunikasi, dan berdiskusi satu sama lain dengan mencakup orang - orang dengan lingkup yang sangat luas dan tak terbatas. ( Carissa Nabila 2022).

karena, seperti yang kita ketahui tidak siapa pun dapat mencegah masuk dan berkembangnya teknologi serta ilmu pengetahuan di Indonesia, Oleh karena itu, maka diperlukanya masyarakat tetap dapat menjaga eksistensi Bahasa Indonesia di era yang serba modern saat ini.

Menggunakan Bahasa Indonesia bukan berarti membatasi menggunakan Bahasa asing, karena baik Bahasa Indonesia maupun Bahasa asing memiliki peran dan penempatan yang berbeda, Oleh karena itu marilah kita sebagai generasi penerus bangsa, tetap menjaga dan melestarikan Bahasa Indonesia dan tetap menggunakan Bahasa asing dalam berbagai ranah serta konteks situasi yang tentu saja berbeda agar tidak tertinggal jauh oleh zaman yang kian membawa perubahan besar pada segala hal.

Kita sebagai bangsa Indonesia sudah sepatutnya bangga menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sebagai generasi muda bangsa Indonesia kita memang bertugas melestarikan dan menjaga kedudukan Bahasa Indonesia dengan cara menggunakanya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, orang-orang di sekitar kita dapat ikut menggunakan Bahasa Indonesia yang benar.

Kita dapat mulai meningkatkan frekuensi penggunaan bahasa Indonesia dalam semua kesempatan dan aktivitas, baik resmi maupun tidak resmi. seperti halnya mengetik, berbicara serta berceloteh dengan bahasa indonesia yang benar, Mungkin dapat diawali dengan diri kita sendiri. Jangan sampai bahasa indonesia tergeser ke eksistensianya karna banyak nya bahasa-bahasa baru yang mulai menjadi bahasa keseharian di zaman sekarang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline