Lihat ke Halaman Asli

Angeline Harjono

Mahasiswi Universitas Sanata Dharma

4 Tips Jitu Menulis Pesan untuk Pelanggan E-Commerce di Masa Pandemi

Diperbarui: 19 Oktober 2020   15:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kemenparekraf.go.id

Di masa pandemi yang masih ganas ini, banyak kebijakan yang diubah sesuai dengan kondisi negara tersebut. Salah satu kebijakan itu memiliki dampak yang signifikan terhadap kewirausahaan. Banyak kegiatan usaha yang tersendat akibat PSBB atau lockdown. Meskipun kegiatan wirausaha terpaksa berhenti sementara, para wirausahawan harus tetap mengutamakan kondisi para pelanggan. 

Para pelanggan harus tetap menjadi prioritas utama.  Tentu hal pertama yang ingin diketahui para pelanggan adalah bagaimana kelanjutan dari  wirausaha tersebut. Apakah tetap melanjutkan kegiatan usahanya? Apakah yang pelanggan perlu ketahui? Kira-kira bagaimana perasaan mereka? Ini dia 4 tips ampuh untuk menulis pesan yang efektif bagi para pelanggan e-commerce di masa pandemi.

1. Beri informasi yang menjawab segala pertanyaan para pelanggan

Jangan lupa untuk mengeluarkan pemberitahuan jika ada perubahan apapun dalam kegiatan usaha tersebut. Pastinya di masa pandemi ini, pelanggan akan banyak bertanya:

Apakah kegiatan usaha masih berjalan?

Apakah saya masih bisa membeli produk Anda?

Berapa lama pengiriman produknya? 

Buatlah maksimal satu paragraf dalam bentuk banner besar pada situs atau aplikasi Anda yang bisa menjawab semua kekhawatiran para pelanggan. Jawaban tersebut harus bisa memberikan keyakinan dan kepastian pada pelanggan akan rasa penasaran mereka. 

smartinsights.com

2. Sampaikan pemberitahuan yang jelas

Jika kegiatan usaha masih bisa berjalan, beritahu para pelanggan layanan apa yang bisa ditawarkan. Fokus pada hal-hal yang menjadi kelebihan usaha Anda. Bukan kekurangannya, misalnya pengiriman akan terlambat dari biasanya, karena pelanggan malah jadi tidak tertarik untuk melanjutkan transaksi.

PosterMyWall.com

3. Jaga Kredibilitas Usaha 
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline