Lihat ke Halaman Asli

Beasiswa Unggulan

Diperbarui: 22 Juli 2015   13:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Indonesia merupakan negara yang berkembang, salah saru cara agar Indonesia menjadi negara yang maju iyalah melalui bidang pendidikan. Melalui pendidikan, dapat menghasilkan putra-putri terbaikbangsa yang mampu memimpin dan mengoperasionalkanperusahaan-perusahaan serta kegiatan lainnya. Kini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah mencanangkan prgram beasiswa unggulan, program beasiswa unggulan inibenar-benar memilih bibit-bibit unggul terutama yang berprestasi untuk dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruantinggi, baik S1, S2, maupun S3. Sehingga dengan terpilihnya bibit unggulan tersebut mampu melakukan perbaikan-perbaikan dalamupaya membangun bangsa ini lebih maju dan dinamis. 

Saya sendiri penerima beasiswa unggulan yang di selenggarakan oleh KEMENDIKBUD tahun ajaran 2014/2015 di STBA LIA program S1 Sastra Inggris, dengan beasiswa ini begitu banyak pengalaman yang saya dapatkan dan tentu saja fasilitas yang saya dapatkan tanpa perlu membayar uang kuliah sampai saya lulus nanti. Adanya tanggung jawab tersebut melalui standardisasi yang harus saya lewati meliputi IPK 2,7  serta mengikuti kegiatan yang dicanangkan oleh pikan kampus dan KEMENDIKBUD. Adapun keunggulan lainnya yaitu Ghatering yang diadakan di Pulau Bidadari tahun lalu sebagai Penyambutan Penyambutan Beasiswa Unggulan. Saya sangat merasa senag sekali dan bangga karena dapat bertemu teman baru sebagai siswa/siswi beasiswa unggulan.

Adapun faktor-faktor yang mendasari program beasiswa unggulan ini,antara lain:1.Menciptakan masyarakat yang cerdas dan memiliki tingkatrasionalitas pemikiran yang lebih tinggi;2.Melalui pendidikan, dapat menghasilkan putra-putri terbaikbangsa yang mampu memimpin dan mengoperasionalkanperusahaan-perusahaan serta kegiatan lainnya;3.Merangsang generasi muda untuk melahirkan pembaharuan-pembaharuan dalam segala aspek kehidupan yang nantinyaakan berdampak pada kemajuan bangsa. Berikut ini adalah tips untuk teman-teman yang ingin mengikuti jejak saya sebagai penerima beasiswa unggulan dari KEMENDIKBUD 

1.Usahakan Anda memiliki nilai akademis di atas nilai rata-rata. Ini membuktikan bahwa Anda memiliki semangatbelajar yang tinggi dan serius dalam menuntut ilmu;2.Senantiasa berburu informasi tentang beasiswa, bisa melaluiKoran atau internet;3.Pilih jurusan yang tepat dan sesuai dengan bakat dankemampuan Anda. Ini akan membantu Anda lebih enjoydalam menjalani perkuliahan, sehingga Anda tidak merasaterbebani;4.Memiliki motivasi yang kuat, agar kuliah tidak berhenti ditengah jalan;5.Gali potensi diri Anda agar Anda memiliki nilai yang lebihdari calon perserta beasiswa yang lain;6.Lengkapi semua persyaratan yang diminta; dan7.Jangan putus asa jika Anda todak lolos dalam seleksi, cobalagi dan terus coba lagi.  

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline