Lihat ke Halaman Asli

Hidup Panjang Umur, Sehat dan Bahagia ala Orang Yunani

Diperbarui: 28 Februari 2018   10:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi salah satu kota di Yunani (Foto: Pixabay)

Negara yang 80 persen berupa pegunungan ini ternyata menyimpan keindahan  pemandangan Yunani. Karena keindahanya itu, tidak mengherankan jika Yunani memiliki banyak airport internasional dibandingkan negara lainnya, karena banyaknya turis asing yang tertarik mengunjunginya. 

Beberapa waktu lalu dilansir dari CNNIndonesia , presenter televisi Sandra Olga mengunjungi Santorini, salah satu kota di Yunani. Di sana orang-orang tua masih terlihat bugar dan sehat. Mereka masih aktif beraktivitas, misalnya menyapu halaman sampai membawakan barang-barang milik turis yang berdatangan.

Selain di Okinawa Jepang, warga Yunani juga dikenal sebagai tempat dimana 'orang lupa untuk mati'. Yunani juga disebut sebagai salah satu negara yang paling sehat di dunia. Bahkan menurut Ivonne Aryanti, Marketing Director Heavenly Blush, berdasarkan penelitian, warga Yunani memiliki tingkat harapan hidup yang tinggi, yakni 82-98 tahun. Lalu apa rahasianya?

Greek Yogurt, Makanan Sehari-hari

Beberapa penelitian menunjukkan, umur panjang warga Yunani dipengaruhi berdasarkan pola makan dan gaya hidup mereka. Salah satunya adalah konsumsi greek yogurt. Berbeda dengan yogurt lainnya, orang Yunani menyaring lagi yogurtnya supaya kadar airnya turun. Yogurt yang telah di saring ini kadar proteinnya lebih tinggi dan lebih kental. 

Kandungan protein yang tinggi memberikan efek kenyang lebih lama. Selain itu , asam amino dalam protein tersebut dapat membantu proses pembakaran lemak. Jadi, selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, greek yogurt juga bisa meregenerasi sel. Uniknya, orang Yunani biasa menjadikan greek yogurt sebagai campuran makanan, saus atau apapun. Mereka juga menggantikan mentega dengan yogurt. Ternyata, konsumsi greek yogurt merupakan bagian dari diet mediteranian yang diterapkan warga Yunani. Diet mediteranian merupakan diet yang sehat karena banyak mengonsumsi protein, ikan, sayur, olive oil dan juga greek yogurt ini.

Rahasia Lain

Karena hidup di pegunungan, orang Yunani sangat suka minum teh dan kopi herbal. Mereka juga suka tidur siang dan tidak bekerja seharian. Di samping itu mereka memiliki jaringan sosial yang sangat kuat. Mereka juga tidak mencemaskan waktu dan hidup dengan santai. Gaya hidup positif seperti ini juga menjadi rahasia lain hidup bahagia, panjang umur dan sehat orang Yunani.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline