Lihat ke Halaman Asli

Angela Dwinny April

Universitas Pamulang

Kemiskinan dan Kesenjangan Pendapatan

Diperbarui: 16 Februari 2022   00:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.kajianpustaka.com

KEMISKINAN DAN KESENJANGAN PENDAPATAN

Ketimpangan yang besar dalam ditribusi pendapatan (kesenjangan ekonomi) dan tingkat kemiskinan adalah dua masalah besar di banyak negara berkembang, tidak terkecuali di Indonesia (Tambunan 2006). 

Kemiskinan adalah keadaan yang terjadi ketidakmampuan memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. 

Kemiskinan disebabkan karena kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar dan sulitnya akses pendidikan serta pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global. 

Sebagian memahami istilah secara subyektif dan komparatif, sementara lainnya melihat dari segi moral dan evaluatif, dan memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan.

Pengertian kemiskinan absolut atau mutlak adalah kemiskinan yang dapat diukur dengan perbandingan tingkat pendapatan orang/keluarga berdasarkan tingkat pendapatan yang dibutuhkan untuk memperoleh kebutuhan dasar minimun. Seseorang yang mengalami kemiskinan absolut adalah dimana uang yang diperoleh tidak dapat mencukupi untuk membeli lauk pauk harian.

Pengertian kemiskinan relatif adalah kemiskinan yang ditentukan keadaan lingkungan dimana seseorang ataupun keluarga itu tinggal. Sehingga walaupun seseorang atau keluarga itu pendapatnya dapat memenuhi seluruh keperluan primernya, akan tetapi tergolong berpendapatan rendah dibandingkan dengan individu lain di masyarakat maka seseorang tersebut disebut mengalami kemiskinan relatif. Kemiskinan relative dapat diperkirakan dengan memperhatikan golongan berpendapatan rendah dari suatu pola pembagian pendapatan.

Konsep Kesenjangan Distribusi Pendapatan

Distribusi pendapatan nasional adalah mencerminkan merata atau timpangnya pembagian hasil suatu negara di kalangan penduduknya (Dumairy, 1999). Inti masalah pemangunan di Negara sedang berkembang ialah penghapusan kemiskinan dan berkembangnya ketidakmerataan distribusi pendapatan.

Adanya ketidaksamaan pola kepemilikan sumber daya yang akan menimbulkan distribusi pendapatan yang timpang menyebabkakn kemiskinan. Rendahnya tingkat pendapatan penduduk terhadap pembangunan berdampak sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline