Lihat ke Halaman Asli

Angela Dwinny April

Universitas Pamulang

Pemasaran Global

Diperbarui: 15 Februari 2022   23:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PEMASARAN GLOBAL

Globalisasi merupakan masalah bagἰ semua perusahaan yaṇg ingἰn memasuki ƿasar global. Karena perusahaan globalisasi diharuskan untụk menerapkan strategi pemasaran global yaṇg akaṇ mempengaruhi keunggulan kompetitif di ƿasar lọkal, di mana produk perusahaan dijual. Setiap negara memiliki karakteristik berbeda, oleh karena itu perusahaan harus mengandalkan permintaan domestik untuk produk mereka. Ketika permintaan memiliki berbagai karakteristik, perlu untuk menerapkan strategi pemasaran global yang kompatibel dengan kondisi pasar. Pendekatan strategis ini disebut adaptation marketingstrategy.

Strategi bisnἰs globaŀ daƿat diimplementasikan dalam berbagai aspek atau bidang. Yiƿ et.al (1997) dalam (Simbolon, 2013) menyatakan bahwa ada lima aspek dari strategi global, yaitu strategi partisipasi pasar, strategi produk, strategi penempatan rantai nilai, strategi pemasaran, dan langkah kompetitif. Dengan demikian, bahwa dengan munculnya globalisasi, akan mempengaruhi strategi pemasaran perusahaan, terutama perusahaan yang ingin bersaing secara global.

1. Global Marketing 

Pemasaran global adalah proses penargetan sumber daya (orang, uang, aset berwujud) dan tujuan organisasi dalam mendapatkan peluang dan menanggapi ancaman dari pasar global (Kotler et al., 2007).

Hal yang hampir sama dikatakan oleh (Parvatiyar & Sheth, 2001), yang mengatakan bahwa pendahulu pemasaran global adalah kemunculan dunia tanpa batas. Ada empat faktor makro ekonomi utama yang menentukan faktor untuk pemasaran internasional / global, yaitu:

1) Integrasi regional seperti UE, Asia, ASEAN dan NAFTA, sekarang menunjukkan bahwa negara-negara dapat memperoleh keunggulan kompetitif yang lebih besar berkat sekutu (aliansi) daripada kekuatan mereka sendiri atau perjanjian perdagangan bilateral.

2) Kemajuan teknologi, terutama elektronik digital dan e-commerce, telah merevolusi proses dan prosedur bisnis.

3) Dunia yang bebas ideologi Kekuatan ekonomi makro ketiga adalah jatuhnya ekonomi Negara-negara yang mengandalkan ideologi, terutama negara-negara komunis. Ketika pemerintah menjadi lebih pragmatis dan kurang bergantung pada ideologi, menjadi jelas bahwa banyak ide tradisional tentang peran ekonomi pasar dan perusahaan swasta akan berubah.

4) Perusahaan-perusahaan tanpa batas Akhirnya, dan mungkin sebagai akibat dari tiga faktor ekonomi makro yang telah disebutkan, mengalami globalisasi perusahaan dan ekonomi lokal, terutama melalui sumber-sumber global dan persaingan global. Situasi ini diperburuk oleh pertumbuhan cepat perdagangan internasional dibandingkan dengan produk domestik bruto. Praktik pemasaran akan dapat memahami dan beradaptasi dengan realitas perusahaan tanpa batas.

Pemasaran global dilakukan oleh perusahaan besar atau kelas dunia, dalam praktiknya pemasaran global dapat dilakukan untuk perusahaan yang termasuk dalam kategori usaha kecil dan menengah. (Small and MediumEnterprises / SME).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline