Lihat ke Halaman Asli

Anestasya NurAzizah

Mahasiswa UNDIP 2017

Menyadarkan Kembali Warga Jurangblimbing bersama Mahasiswa KKN

Diperbarui: 6 Februari 2021   15:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Pembagian buku saku "WASPADA CORONA" dan masker oleh mahasiswa KKN UNDIP Tim I (Dokpri)

Semarang (03/01/2021). Minggu, 31 Januari 2021 Mahasiswa KKN UNDIP Tim I wilayah Jl.Jurangblimbing melakukan gerakan penyadaran kepada warga. Salah satu gerakan ini dilakukan oleh Anestasya Nur Azizah, mahasiswa Statistika, dengan membagikan buku saku "WASPADA CORONA" dan masker. Anestasya bersama mahasiswa lainnya juga melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan Jl.Jurangblimbing.  

Anestasya melihat sendiri masih banyak warga Jl.Jurangblimbing yang tidak mematuhi protokol kesehatan, terutama tidak memakai masker dan berkumpul. Karena itu tergeraklah untuk membagikan buku saku untuk menyadarkan kembali warga akan Corona. Dilam buku saku terdapat pengenalan singkat corona agar mudah dipahami semua kalangan. Juga terdapat gambar untuk gejala-gejala corona dan tindakan yang harus diambil jika terpapar virus Corona. Di halaman terakhir buku diberi catatan untuk diisi apabila merasa mengalami gejala dan dapat diberikan kepada petugas kesehatan atau siapapun yang membutuhkan. Ini bertujuan memudahkan masyarakat dalam meminimalisir kontak langsung.

Gambar 2. Penyemprotan disinfektan di RT 03 Jl. Jurangblimbing oleh mahasiswa KKN UNDIP Tim I (Dokpri)

Penyemprotan disiinfektan dan pembagian masker di lakukan bergiliran tiap RT di Jl. Jurangblimbing. Dari pukul sepuluh pagi hingga dua belas siang mahasiswa KKN megkoordinir sebaik mungkin untuk tidak membuat kerumunan. Tindakan untuk memberi contoh pada warga pentingnya mematuhi protokol kesehatan dan menjaga lingkungan sekitar. Karena virus ini tidak hanya didukung tubuh yang sehat, tetapi juga lingkungan yang bersih serta nyaman untuk ditinggali.      

Setelah di tengah kegiatan ini, banyak sekali pengaduan warga akan kebingungan mereka tentang Corona. Ada yang mengetahui tentang Corona hanya saja malas melakukan protokol utama yaitu memakai masker dan menjaga jarak. Namun, setelah diberi arahan dan masker oleh mahasiswa KKN, warga Jl. Jurangblimbing siap untuk mematuhi protokol kesehatan.

Dosen Pembimbing                        : Dr. Ir. Pinandoyo., M.Si

Jl. Jurangblimbing, Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Semarang

KKN UNDIP TIM 1 2021




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline