Lihat ke Halaman Asli

Aneng Antikasari

S1 STAI Riyadhul Jannah Subang

Pendidikan Perempuan dalam Islam

Diperbarui: 13 Desember 2023   15:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan adalah salah satu hal terpenting dalam kehidupan manusia. Yang mana dengan pendidikan seseorang akan mendapatkan pengetahuan serta keterampilan. 

Dalam Islam pendidikan juga ditekankan kepada perempuan, dimana perempuan adalah madrasah atau pendidikan pertama bagi anak-anaknya. Dengan pendidikan yang baik, perempuan dapat menciptakan generasi yang baik pula.

Pendidikan perempuan ini penting sebagaimana disebutkan oleh presiden ke 2 republik Indonesia Drs. Mohammad Hatta. " Jika kamu mendidik satu laki-laki, maka kamu mendidik satu orang. Namun jika kamu mendidik satu perempuan , maka kamu mendidik satu generasi".

Maka jika kita ingin memajukan suatu bangsa, maka lihat bagaimana kualitas perempuannya. Sebaliknya jika ingin menghacurkan suatu bangsa maka itu juga dapat dilihat dari bagaimana kualitas perempuannya.

Di dalam Islam kedudukan perempuan itu sangat mulia. Perempuan diperbolehkan menuntut ilmu dengan tidak meninggalkan kedudukan mulianya yang telah diberikan oleh Allah subhanahu wata'ala.

Perintah menuntut ilmu bukan hanya untuk laki-laki tetapi juga untuk perempuan. Sebagaimana firman-Nya dalam Qur'an Surah Al-Alaq ayat 1 yang artinya: "Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan".  

Bacalah yang dimaksudkan dalam ayat ini adalah kita diperintahkan untuk mempelajari, memahami, meneliti dan lain sebagainya intinya kita harus menuntut ilmu. Mengenai apa-apa yang telah Allah ciptakan. Baik dalam ayat-ayatnya yang tersurat yaitu Al-Qur'an maupun yang tersirat mengenai alam semesta.

Dalam hadits juga disebutkan bahwa dengan mencari atau menutut ilmu maka akan dimudahkan jalannya menuju surga.

"Barang siapa yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, maka akan Allah mudahkan jalannya menuju surga." (HR Muslim)

Nah, seperti itulah gambaran betapa pentingnya menuntut ilmu bagi perempuan. Selain perintah dari Allah subhanahu wata'ala, pendidikan perempuan ini sangat berdampak bagi kehidupan manusia.

Semoga bermanfaat 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline